PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DIDUKUNG PENGGUNAAN CHEMDIARY BOOK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anik Fadilah
Nurwachid Budi Santoso
Kusoro Siadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh penerapan pembelajarankooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)didukung penggunaan chemdiary book terhadap hasil belajar materi pokokkelarutan dan hasil kali kelarutan. Sampel penelitian diambil dengan teknikcluster rondom sampling,setelah syarat populasi normal dan homogen terpenuhi.Sampel penelitian ini yaitu kelas XI IA3 sebagai kelas eksperimen diberipembelajaran CIRC didukung penggunaan chemdiary book dan kelas XI IA4sebagai kelas kontrol diberi metode konvensional yaitu ceramah, tanya jawab,dan diskusi kelas. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitupre-test and post-test control group design. Berdasarkan analisi, diperoleh uji tsatu pihak kanan thitung (3,957) > ttabel (1,99) yang berarti rata-rata hasil belajarkognitif kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Pada perhitungan rbdiperoleh harga rb = 0,052. Simpulan penelitian ini yaitu pembelajarankooperatif tipe CIRC didukung penggunaan chemdiary book berpengaruhterhadap hasil belajar kimia pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutandengan rb 0,52 dan kontribusi sebesar 27,085%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Durukan, E. 2010. Effect Of Cooperative Integrated
Reading and Composition Tecnique On
Reading-Writing Skills. Academic Journals.
Tersedia di
http://academicjournals.org/ERR[dikses
29-03-2011].
Isjoni. 2010. Cooperative learning Efektifitas
Pembelajaran Kelompok. Bandung:
Alfabeta
Lestari, S. M. 2009. Keefektifan Metode
Pembelajaran Cooperative Learning Tipe
CIRC Didukung Pemanfaatan LKS
Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs NU
Tamrinut Thullab Undaan Lor Kudus Kelas
VII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar
Prisma dan Limas. Skripsi. Semarang:
FMIPA Universitas Negeri Semarang
Saptorini. 2007. Strategi Belajar Mengajar Kimia.
Semarang: Jurusan Kimia Unnes.
Slavin. 2010. Cooperative Learning teori, Riset, dan
Praktik. Bandung: Nusadua Media
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori dan
Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar
Sutiyono. 2009. Komparasi Hasil Belajar Pokok
Bahasan Laju Reaksi Menggunakan Model
Team Assisted Individualization (TAI)
Dengan Model CIRC. Skripsi. Semarang:
FMIPA Universitas Negeri Semarang
Suyitno, A. 2007. Pemilihan model-model
pembelajaran dan penerapannya di SMP.
Semarang: jurusan Matematika FMIPA
UNNES.2005. Mengadopsi Pembelajaran
CIRC dalam Meningkatkan Keterampilan
Siswa Menyelesaikan Soal Cerita. Seminar
Nasional F.MIPA UNNES.
Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan.
Jakarta: PT Bumi Akasara.

Most read articles by the same author(s)