DAYA DUKUNG MAHASISWA FIS UNNES DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA ERA PANDEMI COVID

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aisyah Nur Sayidatun Nisa
Fredy Hermanto
Septya Nurhayati

Abstract

Kebijakan pendidikan pada masa pandemi Covid-19 membuat proses pembelajaran tatap muka bertransformasi menjadi pembelajaran jarak jauh dengan metode daring. Pemenuhan hak belajar mahasiswa untuk mendapatkan hasil yang optimal tidak hanya menjadi tanggung jawab dosen dan mahasiswa saja, tetapi juga orang tua dan lingkungan. Keberhasilan pembelajaran daring tidak terlepas dari berbagai faktor seperti daya dukung terhadap mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran daring, oleh sebab itu peneliti tertarik mengkaji mengenai daya dukung pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan responden adalah mahasiswa FIS UNNES. Teknik pengumpulan data disebarkan melalui angket.  Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus statistik dengan persentase. Kegiatan yang telah dilakukan hingga bulan agustus telah melakukan penyebaran kuesioner kepada responden yakni mahasiswa FIS UNNES. Data yang didapatkan kemudian akan dilakukan analisis sesuai dengan metode penelitian yang digunakan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

http://www.learnframe.com/ diakses tanggal 28 Februari 2021.

Nicola, M., Alsafi, Z., Sohrabi, C., Kerwan, A., Al-Jabir, A., Iosifidis, C., Et Al. (2020). The Socio-Economic Implications Of The Coronavirus And COVID-19 Pandemic: A Review. International Journal Of Surgery, 1-24.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Yun, C. C., Et Al. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar. Edupsycouns Journal (Journal Of Education, Psychology, And Counseling), 2, 1-12.

Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang perpindahan proses pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>