Model Konstruksi Safety Grievance Mechanism di Sekolah Dasar pada Daerah Rawan Bencana

Main Article Content

Evi Widowati
Herry Koesyanto
Sugiharto Sugiharto
Anik Setyo Wahyuningsih
Eko Harjanto

Abstract

Banyak kecelakaan yang terjadi pada anak sehingga pendidikan keselamatan yang bertujuan untuk pembentukan sikap dan perilaku siswa agar mampu menjaga keselamatan diri dan orang lain menjadi sangat penting dilakukan. Pendidikan keselamatan anak dilakukan melalui berbagai cara, misalnya implementasi safety grievance mechanism di sekolah. Tujuan penelitian ini mengkontruksi model safety grievance mechanism di SDX sebagai salah satu upaya peningkatan implementasi pendidikan keselamatan anak. Rancangan penelitian menggunakan design Participatory Action Research (PAR) dengan menggunakan snowball sampling. Jumlah sampel sebanyak 25 informan kunci. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (google form) dan wawancara. Konstruksi konsep safety grievance mechanism di SD X diawali dengan penyusunan blueprint sebagai sebuah sistem safety baru di SDX, yang ditempuh melalui 5 tahapan konstruksi yaitu konstruksi tujuan, manfaat, skop, aktor dan prosedur. Kontruksi model safety grievance mechanism yang dihasilkan di SDX terdiri dari 6 tujuan utama, 2 manfaat utama, 7 skop kerja, 8 aktor utama, dan 2 prosedur utama. Saran yang diberikan yaitu melanjutkan pada tahap uji coba, implementasi konstruksi secara penuh dan monitoring evaluasi untuk continuous improvement.

Article Details

How to Cite
Widowati, E., Koesyanto, H., Sugiharto, S., Wahyuningsih, A., & Harjanto, E. (2020). Model Konstruksi Safety Grievance Mechanism di Sekolah Dasar pada Daerah Rawan Bencana. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 4(4), 667-680. https://doi.org/10.15294/higeia.v4i4.39005
Section
Articles
Author Biographies

Herry Koesyanto, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Peminatan K3

Sugiharto Sugiharto, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Peminatan K3.

Anik Setyo Wahyuningsih, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Peminatan K3.

Eko Harjanto, SD Masjid Syuhada, Kota Baru Yogyakarta, Indonesia

Kepala Sekolah

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>