Abstract

Tujuan penelian ini untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, respons peserta didik dan guru terhadap penggunaan media pembelajaran Fun Colloid berbasis android untuk meningkatkan hasil dan minat belajar peserta didik pada materi sistem koloid. Penelitian pengembangan (research and development) dengan model penelitian 3-D yaitu (define, design, dan development). Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Slawi menggunakan teknik purpossive sampling sebanyak 51 peserta didik kelas XI. Berdasarkan hasil analisis validasi kelayakan oleh para ahli memperoleh validasi materi dan media sangat layak berturut-turut sebesar 92% dan 93%. Uji skala kecil menunjukkan skor 94% dengan kategori sangat layak. Hasil analisis untuk peningkatan hasil belajar diperoleh nilai N-gain sebesar 0,78 dengan kriteria tinggi dan efektivitas sebesar 78% dengan kriteria efektif. Indeks minat belajar peserta didik diperoleh skor 85% dengan kategori sangat tinggi. Peserta didik dan guru memberikan respons sangat baik dengan skor 92% dan 95%. Berdasarkan analisis diperoleh simpulan bahwa desain media pembelajaran Fun Colloid berbasis android dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil dan minat belajar peserta didik serta memperoleh respons sangat baik dari peserta didik dan guru.