Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bermuatan Etnosains pada materi Hidrolisis Garam yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan 4-D model yang dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu: tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian ahli, soal tes, dan angket respon peserta didik. Uji coba Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bermuatan Etnosains pada materi Hidrolisis Garam dilakukan di SMA Kesatrian 1 Semarang, dengan keberterimaan peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bermuatan Etnosains pada materi Hidrolisis Garam sebesar 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk LKPD bermuatan Etnosains pada materi Hidrolisis Garam layak digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli media dan materi dengan kategori sangat baik, (2) memperoleh respons positif dari peserta didik, dan (3) mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan rata-rata N-gain sebesar 26,48%.


Kata kunci : LKPD; etnosains;kemampuan berpikir kritis.