Self-Efficacy dan Konformitas dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rosmayati Rosmayati
Sunawan Sunawan
Sinta Saraswati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-efficacy dan konformitas dengan prokrastinasi akademik mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 125 dari populasi 284 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel simple random  sampling. Adapun teknik analisis data menggunakan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara self-efficacy dengan prokrastinasi akademik memiliki hubungan yang signifikan (R= 0,565, F(3,121) = 18,903, p = <0,01), kemudian antara konformitas dengan prokrastinasi akademik tidak memiliki hubungan yang signifikan (R= 0,030, F(5,116) = 1,265, p = >0,05). Sedangkan antara self-efficacy dan konformitas dengan prokrastinasi akademik memiliki hubungan yang signifikan (R = 0,595, F(18,903) = 7,957, p = <0,01). Berdasarkan hasil penelitian guru Bimbingan dan Konseling disarankan memberikan layanan BK untuk menurunkan prokrastinasi akademik melalui pengembangan self-efficacy dan konformitas.


 


This study aims to determine the relationship of self-efficacy and conformity with academic procrastination of students Guidance and Counseling State University of Semarang either partially or jointly. This research uses correlational quantitative design. The sample used is 125 from the population of 284 students with simple random sampling technique. The data analysis technique using regression. The results showed that between self-efficacy and academic procrastination had significant relationship (R = 0,565, F (3,121) = 18,903, p = <0,01), then between conformity with academic procrastination had no significant relationship (R = 0,030 , F (5,116) = 1,265, p = >0,05). While between self-efficacy and conformity with academic procrastination have significant relationship (R = 0,595, F (18,903) = 7,957, p = <0,01). Based om the results of research Guidance and Counseling teachers are advised to provide Guidance and Counseling services to decrease academic procrastination through the development of self-efficacy and conformity.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rosmayati, R., Sunawan, S., & Saraswati, S. (2017). Self-Efficacy dan Konformitas dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(4). https://doi.org/10.15294/ijgc.v6i4.18105

References

Feist & Feist. (2010). Teori Kepribadian (Edisi 7). Terjemahan Sjahputri. Jakarta: Salemba Humanika.
Fitriah, Zahrotul. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik Penyususnan Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Unnes. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Ghufron & Risnawita. (2011). Teori-Teori Psikologi. Yogjakarta: AR-Ruzz Media.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.
King, Lura A. (2010). Psikologi Umum. Terjemahan Dian Marwensdy. Jakarta: Salemba Humanika.
Purwanto, Edi. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putra, Jimmi & Lilim H. (2015). Hubungan antara Self-Efficacy dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam 45 Bekasi. Prosiding Penelitian Sivitas Akademika Unisba (Sosial dan Humaniora). Bandung 4 Oktober 2014.
Qomariyah, Nunung. (2016). Efikasi Diri, Ketidaknyamanan Terhadap Tugas, dan Konformitas Teman Sebaya Sebagai Prediktor Prokrastinasi Akademik. Tesis. Surakarta: Program Magister Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ramadhani, Aprilina. (2016). Hubungan Konformitas dengan Prokrastinasi dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Tidak Bekerja di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda. Jurnal Psikologi Unimul. 4(3), 507–517.
Sandra, K.I & As’ad D. (2013). Manajemen Waktu, Efikasi-Diri, dan Prokrastinasi. Jurnal Psikologi Indonesia. 2(3), 217-222.
Solomon, L. J & Esther D. R. (1984). Academic Procrastination: Frequency and Cognitive Behavioral Correlates. Journal of Counseling Psychology. 31(4), 503-509.
Sutoyo, Anwar. (2012). Pemahaman Individu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Taylor, Shelley E., Letitia A.P, & David O. Sears. (2012). Psikologi Sosial. Terjemahan Tri Wibowo. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>