Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolik Terhadap Perencanaan Studi Lanjut
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik modeling simbolik untuk meningkatkan perencanaan studi lanjut siswa kelas XII SMA N 1 Bojong. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen one group pre-test post-test design. Penelitian ini dilaksanakan depalan kali pertemuan dengan subjek penelitian 10 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan ada perubahan perencanaan studi lanjut siswa sebelum dan sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok ( z = -2,805, p < 0.01). Hal tersebut menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan modeling simbolik efektif meningkatkan perencanaan studi lanjut siswa kelas XII SMA N 1 Bojong. Untuk itu guru BK sebaiknya menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan perencanaan studi lanjut.
Kata kunci : bimbingan kelompok; modeling simbolik; studi lanjut
ABSTRACT
The purpose of this study is to examine the effectiveness of group guidance service by using the symbolic modeling technique to improve the planning of advanced study in XII students of SMA N 1 Bojong. The type of this study is one-group experimental pre-test post-test design. This study was conducted in eight meetings with students as a subject if this study. The technique of data analysis used descriptive percentage analysis and wilcoxon test. This study showed that there was a change from the student before amd the student after followed the group guidance service ( z = -2,805, p < 0.01). It shows that the group of counseling service by using symbolic modeling effectively can improve the planning of advanced study of grade XII students of SMA N 1 Bojong. For that teacher guidance and counselling services should use the guidance of symbolic modeling engineering group as one of the efforts to improve the planning of further studies.
Keywords: group guidance; symbolic modeling; advanced study
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Komalasari.G.. Wahyuni. G. & Karsih. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.
Korohama K.E.P, Mungin E.W , dan Imam T. (2017). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Karir Siswa. JUBK 6 (1) : 68-76.
Malichah Fatimatul. (2014). Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dalam Upaya Penentuan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut pad Siswa Kelas IX di SMP N 3 Prambanan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
Nadiarenita, A. A., Muslihati, M., & Hotifah, Y. (2017). Pengembangan Paket Bimbingan Perencanaan Studi Lanjut dengan Model Creative Problem Solving Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(1), 18–25.
Ratna, L. (2012). Teknik-Teknik Konseling. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Rusmana, N. (2009). Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
Sukardi, Dewa Ketut dan Desak P.E. Nila Kusmawati. (2010). Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.