Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Resiliensi Siswa
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk melihat adanya pengaruh layanan konseling kelompok terhadap resiliensi siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Ungaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen one group pre-test post-test design. Penelitian ini dilaksanakan tujuh kali pertemuan dengan jumlah subjek penelitian 10 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan skala resiliensi kepada siswanya secara langsung. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan setelah pemberian treatment konseling kelompok, yaitu dari analisis data perhitungan tabel uji Wilcoxon, jumlah jenjang yang terkecil atau T hitung nilainya adalah 0. Sedangkan Ttabel untuk n=10 dengan taraf kesalahan 5% adalah 8. Maka dapat diketahui bahwa nilai (T hitung < TTtabel atau 0 < 8), hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh konseling kelompok terhadap resiliensi siswa.
ABSTRACT
The purpose of this study was to observe the influence of group counseling services on resilience grade VIII SMP Negeri 3 Ungaran. This type of research is a research experiment one group pre-test post-test design. This research is conducted seven times with 10 students of the subject. Data collection was done with scale resilience to students directly. Analytical techniques descriptive analysis of the data using the percentage and wilcoxon test. The results showed that there was a change after giving treatment group counseling, that is from data analysis calculation of Wilcoxon test table, the smallest number of levels or T arithmetic value is 0. While Ttable for n=10 with the level of error 5% is 8. Then it can be seen that the value (T count <Ttabel or 0 <8), this means that Ha is accepted and Ho is rejected. his shows that the influence of group counseling on student resilience.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Dewi, Mayasari Ayunda. 2014. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Resiliensi Siswa. Jurnal Ilmiah Vol 2 No. 1 2014
Fuller, LaShonda B. 2011. The Impact Of Structured Counseling on Resilinecy, Self-Efficacy, and Racialldentity among African American female Teenagers. Dissertation. Kalamazoo, Michigan: Western Michigan University
Gladding, Samuel T. 2012. Konseling Profesi Yang Menyeluruh Edisi Kekenam. Jakarta: Indeks
Grotberg, E.1995. A Guide to Promoting resilience in children : strengthening the human spirit. Senior Scientist, Civitan International Research Center University Of Alabama At Birmingham
Nurdian, Myta Devi.,& Zainul Anwar. 2014. Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Resiliensi Pada Remaja Penyandang Cacat Fisik (Difabel). Fakultas Psikologi UM. Vol. 02, No. 01, Januari 2014. ISSN:2301-8267.
Pidgeon, A. M. 2014. Examining Characteristics Of Resilience among University Student: An International Study. Open Journal Of Science, 2014, 2, 14-22 http://www.scirp.org/journal/jss, http://dx.doi.org/10.4236/jss.2014.211003 [diakses 12-1-2018]
Reivich, K., Shatte A.2002. The Resilience Factor Tujuh Key To Finding Your Inner Strength And Overcoming Life’s Hurdles. New York : Three Rivers Press
Sari, Paundra Kartika Permata ., & Endang Sri Indrawati. 2016. Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan X Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, Volume 5(2), 177-182.
Sayekti, Endah Dwi. 2013. Efektivitas Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Siswa SMK. Naskah Publikasi. Surakarta : Program Studi Magister Sains Psikologi Universotas Muhamaditah Surakarta.
Siabert, Al. 2005. The Resiliency Advantage, Master Change, Thrive Under Pressure, and Bounce Back from Setbacks. California: Berrett-Kohler Publishers, Inc.
Tumanggor, Raja Oloan dan Agoes Dariyo. 2015. Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Resiliensi Akademik, Mastery Goal Orientation dan Prestasi Belajar. Seminar Psikologi dan Kemanusiaan. Jakarta: Universitas Tarumanegara
Widuri, Erlina Listyanti. 2012. Regulasi Emosi Dan Resiliensi Pada Mahasisiwa Tahun Pertama. Jurnal Fakultas Psikologi, vol.IX 2 Agustus 2012.