Bimbingan Kelompok Berbasis Permainan dengan Media Kartu Berbi untuk Meningkatkan Komunikasi Antarpribadi Siswa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dwi Astuti
Heru Mugiarso
Mungin Eddy Wibowo

Abstract

Media Kartu BerBi (Berani Bicara) merupakan media bimbingan kelompok dalam bentuk permainan yang dapat dimanfaatkan oleh konselor dan siswa. Media kartu BerBi adalah media yang menarik, praktis, dan mudah untuk menggunakanya, agar dapat memotivasi siswa dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok. Tujuan dari penelitian adalah untuk membuktikan apakah bimbingan kelompok berbasis permainan dengan media kartu BerBi efektif untuk meningkatkan komunikasi antarpribadi siswa kelas IX D MTs Al-Asror. Rancangan penelitian ini termasuk dalam jenis pre-eksperimental design, dengan metode The One Group Pre Test – Post Test Design. Subyek dalam penelitian ini adalah 9 siswa kelas IX D MTs Al- Asror tahun ajaran 2017/2018 dengan tingkat komunikasi antarpribadi rendah. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah skala komunikasi antarpribadi dengan koefisien reliabilitas 0,975. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan komunikasi antarpribadi siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok berbasis permainan dengan media kartu BerBi (t = 2,66, P < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berbasis permainan dengan media kartu BerBi efektif untuk meningkatkan komunikasi antarpribadi siswa.


 


Media BerBi Card is a guidance and counseling media in the form of games which could be used by counselors and students. Media Rummy Card Interpersonal Communication was an interesting media, practical, and easy to use it, in order to motivate the students for following the guidance and counseling services. This purpose of this development to know whether game-based group guidance with BerBi card media is effective to improve interpersonal communication of grade IX students of MTs Al-Asror. The design of this research is included in the type of pre-experimental design, with The One Group Pre Test - Post Test Design method. Subjects in this study were 9 students of class IX D MTs Al-Asror academic year 2017/2018 with low interpersonal communication level. The instrument used in data collection is the scale of interpersonal communication with the reliability coefficient of 0.975. The result of the research showed that there were differences of interpersonal communication before and after given by game based guidance service with BerBi card media (t = 2,66, P <0,05). Thus it can be concluded that game-based group guidance service with BerBi card media is effective to improve interpersonal communication of students.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Astuti, D., Mugiarso, H., & Wibowo, M. (2017). Bimbingan Kelompok Berbasis Permainan dengan Media Kartu Berbi untuk Meningkatkan Komunikasi Antarpribadi Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(4). https://doi.org/10.15294/ijgc.v6i4.17758

References

Aini, K luluk & Nursalim, Mochamad. 2012. Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Interaksi Sosial siswa di Lingkungan Sekolah. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. 13(01):2-5
Agus, P. 2011. Efektivitas bimbingan kelompok melalui teknik permainan untuk meningkatkan perilaku prososial siswa (studi kuasi eksperimen pada siswa kelas X SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung tahun pelajaran 2010-2011). Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak diterbitkan.
Asrowi, A. 2013. The effectiveness of asserive training to increase the communication skills of high school students in Surakarta. Dewantara International Jornal of Education, 1 (1): 95-105.
Corey, Gerald. 2011. Theory & Practice of Group Counselin, Eight Edition. US: BROOKS/COLE.
Desmita. 2008. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Jati, A. R. 2012. Peningkatan Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII di SMP Al- Azhar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. E-Journal Bimbingan dan Konseling. 30(3): 32-40
Johnson, E.J. dkk.. 2015. The handbook of the study of play. London: The Strong
Liliweri, A. 2004. Perspektif Teoritis, Komunikasi Antarpribadi: Suatu Pendekatan ke Arah Psikologi Sosial Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Listyorini, H. 2012. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Melalui Bermain Peran Di Kelompok Bermain Kuncup Mekar Gunungsaren Lor Trimurti Srandakan Bantul. Skripsi. Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta
Lasro. 2015. Pelajar Tawuran dipecat. Warta Kota. 08 Desember. Hlm. 16-2
Prayitno. 2004. Layanan Bimbinagn Kelompok Konseling Kelompok. Padang : Universitas Negeri Padang.
Rakhmat, J. 2007. Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling. Jakarta : Erlangga.
Suwarjo, dan Imania E. 2010. Permainan (Games) dalam Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Paramita
Supratiknya. 2005. Komunikasi Antar Pribadi Tinjauan Psikologi. Yogyakarta : Kanisius
Sugiyo. 2005. Komunkasi Antar Pribadi. Semarang : UNNES Press
Sutoyo, Anwar. 2009. Pemahaman Individu. Semarang: CV. Widya Karya.
Widjaja, H.A.W. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta
Winkel, W.S. & Hastuti, S. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>