Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Siswa Memanfaatkan Layanan Konseling Perorangan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tyas Prastiti
Sugiyo Sugiyo
Sinta Saraswati

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya  minat siswa kelas VIII dan IX di SMP N 1 Sigaluh Banjarnegara tahun pelajaran 2012/ 2013 dalam memanfaatkan layanan konseling perorangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan IX SMP Negeri 1 Sigaluh Banjarnegara. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi dan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum faktor yang paling mempengaruhi antara faktor internal dan eksternal adalah faktor internal. Dari faktor internal, hasil yang diperoleh adalah persepsi dengan nilai 0.423, motivasi dengan nilai 0.412 dan faktor eksternal hasil yang diperoleh adalah kepribadian konselor dengan nilai 0.346, teman sebaya dengan nilai 0.419, guru dengan nilai 0.043. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa faktor yang paling berpengaruh dalam rendahnya minat siswa dalam memanfaatkan layanan konseling adalah faktor internal, sedangkan untuk faktor internal komponen yang paling berpengaruh adalah persepsi. Faktor yang paling mempengaruhi dari faktor eksternal adalah teman sebaya.


The purpose of this research is to know the factors that affecting the students low interest in utilizing individual counseling services in grade  VIII and IX SMP N 1 Sigaluh, Banjarnegara in lesson year 2012/ 2013. The type of research used are the ex-post facto research. The population in this research is the whole grade VIII and IX SMP N 1 Sigaluh Banjarnegara. The sampling technique used was purposive sampling. Data collection methods in the study are psychological scale and questionnaire. Methods of data analysis using multiple linier regression analysis. Result of the study mention that in general the factors that most influence between internal an external factors are internal factors. From internal factors, the result obtained is perception of the value 0.423, the value of motivation with 0.412 and external factors the result obtained is the personality of the counselors with a value of 0.346, peers with value 0.419 and teacher with value 0.043. the summary of this research is the most influential factor wich causes students low interest in utilizing counseling service is internal factors, while for the most influential component is the perception. The factors that most influence from external factors are peers.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Prastiti, T., Sugiyo, S., & Saraswati, S. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Siswa Memanfaatkan Layanan Konseling Perorangan. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(4). https://doi.org/10.15294/ijgc.v2i4.3198

References

Jefkin, Frank. 1994. Periklanan Edisi 3. Jakarta: Erlangga.

Latipun. 2008. Psikologi Konseling. Malang: Universitas Muhammadiyah. Malang.

Mugiarso, Heru, dkk. 2006. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES. Press.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2008. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Jakarta.

Prayitno & Erman Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahab, MA dan RA. Saleh. 2005. Psikologi Islam. Jakarta: Kencana.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>