Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan meneliti peningkatan komunikasi antarpribadi siswa setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan metode kegiatan dan diskusi kelompok pada siswa kelas VIII F SMP N 5 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas VIII F yang berjumlah 23 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Alat pengumpulan data menggunakan skala komunikasi antarpribadi yang telah diujicobakan dengan menggunakan validitas construct dengan rumus product moment oleh Pearson dan reabilitas instrumen dengan rumus Alpha. Analisis datanya  menggunakan deskriptif persentase dan uji wilcoxon matched pairs. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten dengan metode kegiatan dan diskusi kelompok dapat meningkatkan komunikasi antarpribadi siswa, dengan nilai Zhitung=0 < Ztabel=73. Simpulan dari penelitian ini yakni terdapat peningkatan komunikasi antarpribadi siswa setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan metode kegiatan dan diskusi kelompok. Oleh karena itu, diharapkan guru BK dapat lebih mengoptimalkan layanan penguasaan konten dengan kegiatan dan diskusi kelompok sebagai strategi alternatif untuk meningkatkan komunikasi antarpribadi siswa.


The purpose of this study was to find out and to examine the increasing interpersonal communication of the eighth grade students class F of Junior High School 5 Semarang after getting mastery content service by group activity and group discussion. The type of this research is was experimental research. The population and sample of the study were all students of class F were 23 students. Saturate sampling technique was used  in this study. Data collecting tool was used interpersonal communication scale; whereas, the data analysis used descriptive percentage and wilcoxon match pair test. The result of this study showed that service of mastery content by group activity and group discussion was able to increase students interpersonal communication with the score zcount=0 < ztable=73. It can concluded that there was increasing of students interpersonal communication after getting service of mastery conten by group activity and group discussion.. It is hoped that the guidance and counseling teacher can be more optimizing the mastery of content service by group activity and group discussion as an alternative strategy to help students increasing their interpersonal communication.