Perbedaan Pemahaman Guru BK Tentang Konseling Kelompok antara Alumni Unnes dan Non-Unnes

  • Desta Rizky Budiarti Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Awalya Awalya
  • Suharso Suharso
Keywords: Understanding, Counseling Group, Unnes Graduates and Non Unnes Graduates.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pemahaman guru BK alumni Unnes dan guru BK alumni non-Unnes tentang konseling kelompok, dan perbedaan pemahaman diantara keduanya. Jenis penelitian adalah penelitian survey komparatif. Populasi penelitian ini yaitu guru BK di SMP Negeri se-Kota Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Proportional Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes tentang pemahaman konseling kelompok. Analisis datanya menggunakan analisis kuantitatif yang mencakup deskriptif prosentase dan uji beda t-test polled varian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan, dimana pemahaman guru BK alumni Unnes tentang konseling kelompok berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 84,26% dibandingkan dengan guru BK alumni non-Unnes yang memiliki persentase 63,9% berada pada kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini, pemahaman guru BK tentang konseling kelompok antara alumni Unnes lebih tinggi daripada guru BK alumni non-Unnes.

The purpose of this study to describe the understanding of BK teacher Unnes graduate and BK teacher non - Unnes graduates about group counseling, and understanding the differences between them . This type of research is a comparative survey research. The population of this study are in Junior High School teacher BK as the city of Semarang. The sampling technique used is proportional cluster random sampling. Methods of data collection using test on understanding group counseling. Analysis of the data using descriptive quantitative analysis that includes the percentage and t - test different test variants polled. The results showed that there were significant differences, where the understanding of BK teacher Unnes graduate  abaout  the counseling group in the category with a very high percentage of 84.26 % compared to a BK teacher non - Unnes graduates who have a percentage only 63.9 % are in the medium category. The conclusions of this study , understanding BK teacher Unnes graduate higher BK teacher non – Unnes graduates about group counseling

References

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta : Ghalia Indonesia

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok Konseling Kelompok (L6 L7). Padang.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Undang-undang Sisdiknas No. 20 tahun 2003 tentang Perguruan Tinggi

Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang ; UPT UNNES Press

Hamalik. 1991. Manajemen Belajar di Perguruan Tinggi Bandung. ----: Sinar Baru

How to Cite
Budiarti, D., Awalya, A., & Suharso, S. (1). Perbedaan Pemahaman Guru BK Tentang Konseling Kelompok antara Alumni Unnes dan Non-Unnes. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/3766
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>