Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Teknik Mind Mapping Terhadap Keefektifan Belajar

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ajeng Pudak Pinasti
Sinta Saraswati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah layanan penguasaan konten dengan metode mind mapping memiliki pengaruh terhadap keefektifan belajar siswa. Penelitian ini didasari atas kurangnya keefektifan belajar siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI AP SMK YPE Sampang, Cilacap yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah skala keefektifan belajar dan soal tes. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan belajar siswa sebelum mendapatkan treatment dalam kategori sedang dan sesudah diberikan treatment menunjukkan kategori tinggi. Teknik mind mapping bisadigunakan untuk  mempermudah siswa memahami dan mengingat materi pelajaran dengan lebih cepat dan sederhana. Hasil uji  t-test dengan taraf signifikansi 5% menunjukan thitung (5,45) dan ttabel (2,021) sehingga thitung> ttabel. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik mind mapping memberikan pengaruh positif terhadapt keefektifan belajar siswa. Oleh karena itu, diharapkan guru BK dapat memsosialisasikan pemberian layanan penguasaan konten sebagai alternatif meningkatkan keefektifan belajar.


The objective of this research is to prove about the impact of  content mastery servise with mind mapping technique to the effectiveness of student learning. This research was based on the lack of effectiveness of student learning. The Population at the same time study sample are all of the XI AP grade students of SMK YPE Sampang, Cilacap, which consist of 40 students. Data collection  technique used effectiveness of student learning scale and a test. Methods of data analysis using descriptive percentages and t-test. Research result showed that the effectiveness of student learning before the treatment was in medium category. After the treatment, effectiveness of student learning was in high category. This research proved that mind mapping can facilitated students to understand and remember the subject faster and simpler. The t-test result  with significance level of 5% obtained tvalue (5.45) and ttable (2.02)1, so that tvalue> ttable.  Based on results, the conclusion is content mastery service gave positif impact to effectiveness of student learning. Therefore, counselor is expected to intensify the implementaton of content mastery service as an alternative to improve effectiveness of sudent learning.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pinasti, A., & Saraswati, S. (2015). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Teknik Mind Mapping Terhadap Keefektifan Belajar. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(1). https://doi.org/10.15294/ijgc.v4i1.7482

References

Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia.

Edward, Caroline. 2009. Mind Mapping untuk Anak Sehat dan Cerdas. Yogyakarta: Wangun Printika

Herlina. 2012. Belajar yang Efektif. Vol. IX No. 1 Januari 2012.

Prayitno dan Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Edisi Keempat). Jakarta: Rineka Cipta.

The Liang Gie. 1995. Cara Belajar yang Efisien Jilid II (Edisi Keempat). Yogyakarta: Liberty.

Walgito, Bimo. 2010. Bimbingandan Konseling (Studi & Karier) (Edisi Ketiga). Yogyakarta: Andi Offset.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>