ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN APLIKASI TES PASSING BOLA VOLI BERBASIS ANDROID

  • Destriana Destriana Universitas Sriwijaya
  • Destriani Destriani Universitas Sriwijaya
  • Ahmad Richard Victorian Universitas Sriwijaya
  • Muslimin Muslimin Universitas Bina Darma
Keywords: aplikasi tes, pasing, android

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitina ini adalah untuk menganalisis kebutuhan dari pengembangan aplikasi tes passing bola voli berbasis android, karena melihat pengguna android yang semakin banyak sehingga pengembangan aplikasi ini berguna untuk kepentingan dunia kependidikan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dengan menggunakan metode survei. Waktu penelitian dilaksanakan pada 15-30 Juli 2022. Instrumen penelitian ini adalah survei dengan menggunakan google form sebagai alat pengumpul data. Responden dalam penelitian ini sebanyak 120 orang yang terdiri dari, 109 mahasiswa penjas, 5 dosen penjas, 3 orang pelatih bola voli dan 3 guru PJOK. Analisis data menggunakan persentase. Hasil analisis didapatkan 88% respoden menjawab bahwa pengembangan aplikasi tes passing bola voli berbasis android perlu dikembangkan, sehingga perlu adanya penelitian lanjutan untuk pengembangan aplikasi berbasis android sehingga dapat dihasilkan aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk tes passing bola voli sehingga hasil tes menjadi lebih valid serta tes dapat dilaksanakan lebih mudah, lebih praktis efektif dan efisien.

 

Abstract

The purpose of this research is to analyze the needs of developing an android-based volleyball passing test application, because it sees more and more android users so that the development of this application is useful for the benefit of the world of education. This type of research is descriptive quantitative. By using the survey method. The time of the research was carried out on 15-30 July 2022. The instrument of this research was a survey using google form as a data collection tool. Respondents in this study were 120 people consisting of 109 physical education students, 5 physical education lecturers, 3 volleyball coaches and 3 Physical education teachers. Data analysis using percentages. The results of the analysis showed that 88% of respondents answered that the development of an Android-based volleyball passing test application needed to be developed, so that further research was needed for the development of an Android-based application so that applications could be produced that could be used for volleyball passing tests so that the test results became more valid and the tests could be carried out more easier, more practical, effective and efficient.

 

References

Cecep Abdul Cholik. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia. Syntax Literate, 2(6), 21–30.


Hidayat, Arief, Muslimin Muslimin, And A. K. (2018). Pengembangan Perangkat Tes Dan Pengukuran Passing Bola Voli Berbasis Komputer. Bandung Institute Of Technology.
Imam Almaturidi, Andi Fepriyanto, & Mas’odi. (2020). Peningkatan Teknik Dasar Smash Permainan Bola voli Melalui Penggunaan Media Bola Gantung. Journal Stand : Sports Teaching And Development. Https://Doi.Org/10.36456/J-Stand.V1i1.2330
Juniawan, F. P., Sylfania, D. Y., Rian Chrisna Putra, R., & Sulaiman, R. (2021). Implementasi Aplikasi Monitoring Nilai Dan Kegiatan Siswa Berbasis Android Dengan Metode Prototype. Jurnal Komtika (Komputasi Dan Informatika), 5(1), 26–34. Https://Doi.Org/10.31603/Komtika.V5i1.5119
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas Xi. Jurnal Media Infotama, 14(1). Https://Doi.Org/10.37676/Jmi.V14i1.467
Marsiyem, M., Destriana, D., & Pratama, R. R. (2018). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SERVIS BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI. Sebatik. Https://Doi.Org/10.46984/Sebatik.V22i2.323
Prabowo, Y. (2009). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Drill Dan Bermain Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Dalam Permainan Bola Voli Siswa Putra Kelas X SMA Negeri 1 Bojong Pekalongan Tahun Pelajaran 2008/2009. SKRIPSI.
RAHADIAN, R. (2019). MODEL PEMBELAJARAN SMASH BOLA VOLI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. Https://Doi.Org/10.35569/Biormatika.V5i01.412
Riwayadi, P. (2013). (2013). Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Kemajuan Pendidikan Di Indonesia. PLS Data Base.
Rulyana, D., & Borman, R. I. (2014). Seminar Nasional FMIPA-Universitas Terbuka. Aplikasi Simulasi Tes Potensi Akademik Berbasis Mobile Platform Android.
Suganda, M. A., & Suharjana, S. (2013). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BOLA VOLI PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS ATAS. Jurnal Keolahragaan, 1(2), 156–165. Https://Doi.Org/10.21831/Jk.V1i2.2571
Sugihartono, T., & Chrisna Putra, R. R. (2019). Pengembangan Aplikasi E-Government Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Berbasis Android. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 5(2), 9–16. Https://Doi.Org/10.33372/Stn.V5i2.544
Susilawati, D. (2018). Tes Dan Pengukuran. UPI Sumedang Press.
Thoriq Baidawi, M. (2019). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Bola voli. Jurnal Partriot, 1(3), 1300–1306. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24036/Patriot.V1i3.420
Try Sevita Haryanto, Wasis Djoko Dwiyogo, S. S. (2015). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF DI SMP NEGERI 6 KABUPATEN SITUBONDO. Pendidikan Jasmani, 25(1), 123–127. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Pj.V25i1.4908.G1295
Published
2023-02-20
How to Cite
Destriana, D., Destriani, D., Victorian, A., & Muslimin, M. (2023). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN APLIKASI TES PASSING BOLA VOLI BERBASIS ANDROID. Journal of Sport Science and Fitness, 8(2), 125-130. https://doi.org/10.15294/jssf.v8i2.59167