PELATIHAN PEMBUATAN SAMPEL BATUAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LITHOSFER BERBASIS OUTDOOR STUDY DI MGMP GEOGRAFI SMA KABUPATEN BOYOLALI

Main Article Content

Wahyu Setyaningsih
Sriyono Sriyono
Andi Irwan Benardi
Saptono Putro

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan informatif sangat dianjurkan dalam pembelajaran geografi. Hal ini karena materi geografi cukup luas dan komplek. Akan tetapi salah satu kendala yang dihadapi sekolah adalah justru terbatasnya fasilitas media pembelajaran. Di samping itu juga tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas media pembelajaran geografi. Penggunaan media dalam pembelajaran geografi sekolah masih mengandalkan peta dinding maupun media lain yang sederhana, sehingga mengurangi daya tarik siswa akan materi geografi itu sendiri. Padahal banyak ragam media pembelajaran geografi, salah satunya sampel batuan adalah alat bantu dalam menganalis batuan secara fisik maupun kimia. Sehingga siswa dapat mengamati macam macam batuan. Sampel batuan dapat dimanfaatkan Guru Geografi sebagai media pembelajaran interaktif terutama dalam materi lithosfer kelas X SMA, karena selama ini media yang digunakan terbatas gambar dan presentasi yang kurang interaktif. Siswa hanya memahami konsep saja tanpa mengetahui sebenarnya macam macm batuan secara langsung. Padahal Sampel batuan  bahan bisa dicari dan dimanfaatkan disekitar rumah dan sekolah. Kegiatan pengabdian ini adalah melatih guru dalam membuat media pembelajaran sampel batuan yang memanfaatkan material batuan di alam sekitar.

Article Details

How to Cite
Setyaningsih, Wahyu, Sriyono Sriyono, Andi Benardi, and Saptono Putro. 2019. “PELATIHAN PEMBUATAN SAMPEL BATUAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LITHOSFER BERBASIS OUTDOOR STUDY DI MGMP GEOGRAFI SMA KABUPATEN BOYOLALI”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 1 (1), 55-58. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i1.28688.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>