Hubungan Status Gizi Dengan Vo2 Maks Atlet Bola Basket

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ika Nilawati
Nur Amin
Saeful Fadly
Arif Wicaksono

Abstract

Bola basket merupakan olahraga permainan yang dilakukan secara beregu. Bola basket termasuk olahraga yang dipertandingkan pada kejuaraan regional sampai internasional. Dalam mencapai prestasi yang optimal, atlet harus memiliki beberapa kondisi kebugaran jasmani yang bagus, antara lain kekuatan, power, VO2 Maks, kecepatan, status gizi dll. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara status gizi dengan VO2 Maks pada atlet bola basket. Jenis penelitian ini adalah descriptive correlation menggunakan teknik total sampling dengan 26 responden atlet basket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: timbangan berat badan untuk mengetahui berat badan, microtoice untuk mengukur tinggi badan dan multistage test untuk mengukur VO2 Maks. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dengan VO2 Maks (p=0,29) pada atlet bola basket. Kesimpulan dalam penelitian ini status gizi tidak berhubungan dengan kondisi kebugaran jasmani (VO2 Maks) pada atlet bola basket.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nilawati, I., Amin, N., Fadly, S., & Wicaksono, A. (2022). Hubungan Status Gizi Dengan Vo2 Maks Atlet Bola Basket. Sport and Nutrition Journal, 3(2), 34-38. https://doi.org/10.15294/spnj.v3i2.53627

References

Almatsier, S. (2009). Prinsip Dasar Ilmu Gizi, Cet. 7. Gramedia Pustaka.
Amalia, N. I., Kartini, Y., & Amin, N. (2018). Hubungan Status Gizi ( IMT ) dengan Konsumsi Oksigen Maksimal (VO2 Maks) Santri Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya. Journal of Holistic and Health Sciences, 2(1), 1–6.
Amin, N. (2018). Buku Ajar: Gizi Olahraga. UNUSA PRESS.
Coulson, M., & Archer, D. (2009). Practical Fitness Testing: Analysis in Exercise and Sport. A&C Black Publishers, Ltd.
Dinata, M. (2008). Bola Basket: Konsep & Teknik Bermain Bola Basket. Cerdas Jaya.
Kemenkes RI. (2011). Standar Antropometri Penilaian Status Gizi Anak. Direktorat Bina Gizi.
Kokasih, D. (2008). Fundamental Basketball: First Step to Win. Karangturi Media.
Sajoto, M. (1995). Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Dahara Prize.
Uyanto, S. (2009). Pedoman Analisis dengan SPSS (3rd ed.). Graha Ilmu.
Wicaksono, D. (2014). Hubungan antara Indeks Massa Tubuh dan Daya Tahan Jantung-Paru Pada Pemain U-17 SSB Bina Muda. Jurnal Kesehatan Olahraga, 2(1), 21–28.