IMPLEMENTASI PEER TUTORING DENGAN PENDEKATAN INQUIRY BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ratih Kusumawati
Wuryanto Wuryanto
Arief Agoestanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah hasil belajar peserta didik yang dikenai model peer tutoring dengan pendekatan inquiry berbantuan CD pembelajaran pada materi garis singgung lingkaran mencapai ketuntasan belajar, (2) apakah hasil belajar peserta didik yang dikenai model peer tutoring dengan pendekatan inquiry berbantuan CD pembelajaran lebih baik dari hasil belajar peserta didik yang dikenai model ekspositori, dan (3) Apakah ada pengaruh aktivitas peserta didik pada pembelajaran peer tutoring dengan pendekatan inquiry berbantuan CD pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Boja tahun pelajaran 2011/2012. Melalui teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode tes dan metode observasi. Analisis yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan klasikal, uji perbedaan rata-rata dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 93% dari hasil belajar peserta didik pada pembelajaran peer tutoring mencapai ketuntasan, rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yang dikenai model peer tutoring dengan pendekatan inquiry berbantuan CD pembelajaran lebih baik dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang dikenai model ekspositori, dan ada pengaruh aktivitas peserta didik terhadap pencapaian hasil belajar sebesar sebesar 81,72%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada guru matematika agar menerapkan model pembelajaran peer tutoring dengan pendekatan inquiry berbantuan CD Pembelajaran dalam menyampaikan materi garis singgung lingkaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Ratih Kusumawati, Semarang State University

Jurusan Matematika; Mathematics Department

Wuryanto Wuryanto, Semarang State University

Jurusan Matematika; Mathematics Department

Arief Agoestanto, Semarang State University

Jurusan Matematika; Mathematics Department
How to Cite
Kusumawati, R., Wuryanto, W., & Agoestanto, A. (2012). IMPLEMENTASI PEER TUTORING DENGAN PENDEKATAN INQUIRY BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v1i2.1103

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Bolich, Barbara J. 2001. Peer tutoring and Sosial Behaviors: A Review. International Journal of Special Education.16/2.

Markaban. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujono. 1998. Pengajaran Matematika untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>