KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII PADA ASPEK REPRESENTASI MATEMATIS

Main Article Content

Swastika Imas Kusrianto
Suhito Suhito
Wuryanto Wuryanto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran CORE berbantuan pop up book terhadap kemampuan siswa kelas VIII pada aspek representasi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Pati. Dari populasi tersebut, terambil dua kelas sampel yakni kelas eksperimen dan kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Metode analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji proporsi, dan uji kesamaan dua proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model CORE berbantuan pop up book efektif terhadap kemampuan siswa kelas VIII pada aspek representasi matematis. Hal ini ditunjukkan oleh (1) kemampuan siswa pada aspek representasi matematis yang diajarkan dengan menggunakan model CORE berbantuan pop up book dapat mencapai ketuntasan pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII; (2) persentase ketuntasan kemampuan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model CORE berbantuan pop up book pada aspek representasi matematis lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan menggunakan model TPS. Saran dari penelitian ini yaitu pada saat penelitian, jumlah pop up book yang digunakan terbatas, untuk itu perlu ditambah lagi jumlahnya supaya hasilnya lebih maksimal

Article Details

How to Cite
Kusrianto, S., Suhito, S., & Wuryanto, W. (2016). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII PADA ASPEK REPRESENTASI MATEMATIS. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.12314
Section
Articles

References

Dwijayanti, A. 2014. Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika antara Model PBI dan CORE Materi Lingkaran. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3). Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/aticle/ viewfile/4484/4138
Effendi, L A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penentuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Tersedia: http://jurnal.upi.edu/file/leo_Adhar.pdf
NCTM. 1989. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston V A: Library of Congress Catalouging – in – Publication
Hutagaol, Kartini. 2013. Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 2, No. 1.
Rahmawati, Nila. 2012. Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun di TK Putera Harapan Surabaya. Tersedia di http://ejurnal.unesa.ac.id/article/9458/19/article.pdf
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran : Teori dan Aplikasi. Jakarta: Ar-ruzmedia.
Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Yuniawatika. 2011. Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar. Edisi Khusus No.2, Agustus 2011. Tersedia: http://jurnal.upi.edu/penelitian-pendidikan/view/673/penerapan-pembelajaran-matematika-dengan-strategi-react-untuk-meningkatkan-kemampuan-koneksi-dan-representasi-matematik-siswa-sekolah-dasar-studi-kuasi-eksperimen-di-kelas-v-sekolah-dasar-kota-cimahi-.html

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>