KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL TPS BERBANTUAN GEOMETER’S SCETCHPAD PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhlisin Muhlisin
Mohammad Asikin
Kartono Kartono

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pembelajaran dengan model TPS berbantuan software GSP dapat mencapai ketuntasan belajar pada aspek kemampuan pemecahan masalah, (2) pembelajaran dengan model TPS berbantuan software GSP lebih baik dari pada pembelajaran dengan model TPS dan pembelajaran dengan metode ekspositori pada aspek kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Demak tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling dan terpilih kelas VII F sebagai kelas eksperimen 1 yang diajar dengan pembelajaran model TPS berbantuan software GSP, kelas VII E sebagai kelas eksperimen 2 yang diajar dengan pembelajaran model TPS dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran metode ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen 1 telah mencapai ketuntasan belajar dan lebih baik daripada kelas eksperimen 2 dan kelas kontrol. Simpulan yang diperoleh adalah pembelajaran dengan model TPS berbantuan software GSP dapat mencapai ketuntasan belajar dan lebih baik daripada pembelajaran dengan model TPS dan pembelajaran dengan metode ekspositori pada materi keliling dan luas segitiga.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Muhlisin Muhlisin, Semarang State University

Mathematics departement

Mohammad Asikin, Semarang State University

Mathematics departement

Kartono Kartono, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Muhlisin, M., Asikin, M., & Kartono, K. (2013). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL TPS BERBANTUAN GEOMETER’S SCETCHPAD PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3318

References

Arends, R. I. 2008. Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chotimah, H. 2007. Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Biologi dalam Pendekatan Kontekstual Melalui Model Pembelajaran TPS pada Peserta Didik Kelas X-6 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Jurnal Penelitian Pendidikan th 17 No. 1 Juni 2007

Depdiknas. 2007. Model-model Pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Luar Biasa.

Herrington, A, Jan. H, Len. S & R. Oliver. 1998. Learning to Teach and Assess Mathematics Using Multimedia: A Teacher Development Project. Journal of Mathematics Teacher Education 1: 89-112.

Indrawati, Y. 2006. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Matematika dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) pada Sekolah Menengah Atas Kota Palembang. Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya. Vol. 4 No 7.

Meng, C. C. & L. C. Sam. 2011. Encouraging the Innovative Use of Geometer’s Sketchpad through Lesson Study. Journal of Mathematics Teacher Education Vol.2, No.3, 236-243.

Norazah, N, E. Zakaria, M. A. Embi & R. M. Yassin. 2008. Pedagogical Usability of the Geometer’s Sketchpad (GSP) Digital Module in the Mathematics Teaching. Proceedings of the 7th WSEAS International Conference on EDUCATION and EDUCATIONAL TECHNOLOGY : 240-245.

Prastowo, W. A. E. 2009. Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Materi Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Kelas XII IPS-1 SMA N 3 Semarang Tahun 2009-2010. Jurnal DIDAKTA th 1 Nomor 4 Desember 2009

Rahmawati, D. 2009. Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan Berbantuan Software GSP pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII Billingual SMP Al-Azhar Menganti Gresik. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

Septriana, N & B. Handoyo. 2006. Penerapan TPS dalam Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan Inovatif Vol.2 No.1 September 2006

Sugiarto. 2009. Workshop Pendidikan Matematika 1. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES.
Suyatno. 2009. Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya : Masmedia Buana Pustaka.

Syamsuduha, D. 2011. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Program Geometer’s Sketchpad terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP. Makalah Seminar Internasional Yogyakarta State University.

Most read articles by the same author(s)