PENERAPAN PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Santi Noviyanti
Kartono Kartono
Suhito Suhito

Abstract

Matematika sekolah merupakan mata pelajaran yang dipelajari pada setiap jenjang pendidikan. Pada pembelajarannya ditemukan permasalahan kemampuan komunikasi lisan matematis siswa masih rendah. Selain itu, materi garis singgung juga dianggap sulit oleh siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB, VIIIC, dan VIIID SMP Negeri 2 Demak. Kelas eksperimen adalah kelas VIIIE yang menggunakan pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Teknik pengumpulan datanya dengan tes tertulis, pengamatan, dan tes lisan. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar pengamatan, dan lembar penskoran tes lisan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor kemampuan komunikasi lisan matematis siswa pada kelas eksperimen telah mencapai minimal skor ketuntasan individu. Berdasarkan pengujian proporsi diperoleh hasil kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan klasikal. Hasil tersebut diperkuat dengan hasil uji perbedaan rata-rata. Rata-rata perolehan skor kemampuan komunikasi lisan matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari hasil pengolahan data dengan SPSS 17.00 for windows diperoleh rata-rata perolehan skor kemampuan komunikasi lisan matematis kelas eksperimen adalah 32,5 sedangkan untuk kelas kontrol 22,2667. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) efektif pada pencapaian kemampuan komunikasi lisan matematis siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Santi Noviyanti, Semarang State University

Mathematics departement

Kartono Kartono, Semarang State University

Mathematics departement

Suhito Suhito, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Noviyanti, S., Kartono, K., & Suhito, S. (2013). PENERAPAN PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i2.3338

References

Brenner, M. E. 1998. Development of Mathematical Communication in Problem Solving Groups by Language Minority Students. Bilingual Research Journal. 22, 149–174.

Depdiknas. 2006. Standar Isi. Jakarta: Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Folland, G. B. 2010. Speakingwith theNatives: Reflections on Mathematical Communication. Notices of the AMS. 57, 1121–1124.

Good, T. L. & Grouws, D. A. 1979. Teaching and Mathematics Learning. Journal of Theacher Education. 2, 39–45.

Rosenshine, B. 1987. Teaching Functions in Instructional Programs. University of Illinois-Champaign.

Setyosari, P. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shadiq, F. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Slavin, R. E. & Lake, C. 2007. Effective Programs in Elementary Mathematics: A Best-Evidence Synthesis. U.S.: John Hopkins University.

Most read articles by the same author(s)