KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MURDER BERPENDEKATAN PMRI DENGAN ASESMEN KINERJA PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP SERUPA PISA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Johar, Rahmah. 2012. Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang 1(1):30-41.
Masrukan. 2014. Asesmen Otentik Pembelajaran Matematika. Semarang: CV Swadaya Manunggal.
OECD. 2010. PISA 2012 Mathematics Framework. Paris: OECD Publications.
Pratidina, et al.. Keefektifan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Pendekatan PMRI terhadap Hasil
Belajar. Unnes Journal of Mathematics Education 1(1):41.
Sadijah, C. 2009. Asesmen Kinerja dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Inovatif 4(2): 92-95.
Saija, Louise M. 2010. Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Model Kooperatif MURDER untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Tesis. Jurusan Matematika FMIPA. Bandung: UPI.
Stacey, K. 2011. The PISA View of Mathehatical Literacy in Indonesia. IndoMS. J.M.E 2(2):95-126.
Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA UPI.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.
Wardhani, Sri., & Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta:PPPPTK Matematika.
Wardono, et al. 2015. The Realistic Scientific Humanist Learning With Character Education To Improve Mathematics Literacy Based On PISA. International Journal of Education and Research Vol. 3 No. 1 January 2015.
Wildani, et al.. 2011. Penerapan Model Pembelajaran MURDER untuk Mengingkatkan Kemampuan Penalaran
dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MA di Kabupaten Kampar. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA. Bandung: UPI.