ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

Main Article Content

Tuti Haryati
Amin Suyitno
Iwan Junaedi

Abstract

Artikel ini didasarkan pada penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) tipe kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newman yang dilakukan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wonosobo dalam menyelesaikan soal cerita pemecahan masalah; (2) penyebab kesalahan siswa tersebut; dan (3) solusi untuk meminimalkan kesalahan tersebut. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan wawancara. Subjek penelitian diambil 6 orang dari 32 siswa kelas VII E, masing-masing terdiri dari 2 siswa dari kelompok atas, sedang, bawah. Uji keabsahan data, dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) semakin tinggi kategori pada prosedur Newman maka semakin banyak kesalahan yang dilakukan oleh siswa, subjek pada kelompok atas mengalami kesalahan pada tahap transfomasi, keterampilan proses, dan penulisan, subjek pada kelompok sedang mengalami kesalahan pada tahap trasformasi dan penulisan, serta subjek pada kelompok bawah mengalami kesalahan pada tahap memahami dan transformasi; (2) penyebabnya yaitu siswa tidak utuh dalam mengidentifikasi informasi yang diketahui dan yang ditanyakan, tidak tepat memanipulasi aljabar dari soal, kesalahan dalam melakukan operasi aljabar, tidak membuat kesimpulan, serta siswa tersebut tidak sengaja melakukan kesalahan namun siswa tersebut dapat memperbaiki kesalahannya; dan (3) solusi untuk meminimalkan kesalahan tersebut yaitu siswa perlu lebih banyak dilatih untuk menyelesaikan soal-soal tidak rutin sehingga siswa akan terampil dalam menyelesaikannya

Article Details

How to Cite
Haryati, T., Suyitno, A., & Junaedi, I. (2016). ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i1.9341
Section
Articles

References

Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Indonesia.

BSNP. 2012. Laporan Hasil Kota/Kabupaten UN SMP/MTs Tahun Ajaran 2011/2012. Jakarta: BSNP.

BSNP. 2013. Laporan Hasil Kota/Kabupaten UN SMP/MTs Tahun Ajaran 2012/2013. Jakarta: BSNP.

Hartini. 2008. Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita pada Kompetensi Dasar Menemukan Sifat dan Menghitung Besaran-besaran Segi Empat Siswa Kelas VII Semester II SMP It Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2006/2007. Tesis. Surakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret.

Jha, S. K. 2012. Mathematics Performance of Primary School Students in Assam (India): An Analysis Using Newman Procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, Vol II.

Krismanto, A. 2004. Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMP Jenjang Dasar Aljabar. Yogyakarta: Tim PPPG Matematika.

Moleong, L. J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rosdakarya.

NCTM. 2010. Why is Teaching with Problem Solving Important to Student Learning?. VA: NCTM. Tersedia di http://www.nctm.org/news/content. aspx?id=25713 [diakses 19-01-2015].

Rochmad. 2011. Skema Kognitif Pemecahan Masalah. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Satoto, S., Hery S. & Emi P. 2013. Analisis Kesalahan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal dengan Prosedur Newman. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 1 (2): 3.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

White, A. L. 2005. Active Mathematics In Classrooms: Finding Out Why Children Make Mistakes–And Then Doing Something To Help Them. Square One, Vol 15, No 4, p.15-19.

Widyanti, Th. et al. 2012. Pembahasan Soal UN Matematika SMP Tahun Ajaran 2011/2012. Yogyakarta: PPPPTK Matematika Yogyakarta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>