Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Aktualisasi Diri Siswa yang Salah dalam Mengambil Jurusan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Amanda Nazli Syahara
Eko Nusantoro
Maria Theresia S. Hartati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktualisasi diri siswa kelas X yang salah dalam mengambil jurusan  sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok di SMA Negeri 1 Demak. Jenis pada penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan metode pre-eksperiment. Populasi dan sampel pada penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik sampling jenuh yang berjumlah 14 siswa yang salah dalam mengambil jurusan. Teknik pengumpulan data menggunakan skala aktualisasi diri yang diuji cobakan menggunakan validitas rumus product moment dan reabilitas rumus alpha. Teknik analisis data menggunakan rumus analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus kurva normal, analisis deskriptif kualitatif, dan uji wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan aktualisasi diri siswa sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok, perolehan hail sebelum diberikan layanan sebesar 270.71 dan setelah diberikan layanan sebesar 286.93, kenaikan aktualisasi diri siswa mencapai 16.22. Berdasarkan uji wilcoxon memperoleh  nilai signifikan  0,001. Nilai tersebut lebih kecil dari 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok efektif meningkatkan aktualisasi diri siswa kelas X yang salah dalam mengambil jurusan di SMA Negeri 1 Demak.


This study aims to determine the increase of students of class X is wrong in taking the majors before and after being given guidance services group in SMA Negeri 1 Demak. Type in this research is experiment by using pre-experiment method. Population and samples in this study using non probability sampling with saturated sampling technique which amounted to 14 students who are wrong in taking the majors. Data collection techniques using self-actualization scale tested using the validity of product moment formula and reability of the alpha formula. The technique of data analysis using quantitative descriptive analysis formula using normal curve formula, qualitative descriptive self-actualization analysis, and wilcoxon test. The results of this study indicate that there is an increase in self-actualization of students before and after being given group counseling services, hail acquisition before the given service of 270.71 and after given service amounted to 286.93, the increase self-actualization students reached 16.22. Based on the test wilcoxon get significant value 0.001. The value is smaller than 0.05, it can be concluded that the guidance of the group effectively improve self-actualization of the wrong class X students in taking the majors in SMA Negeri 1 Demak.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Syahara, A., Nusantoro, E., & Hartati, M. (2018). Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Aktualisasi Diri Siswa yang Salah dalam Mengambil Jurusan. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(2), 54-60. https://doi.org/10.15294/ijgc.v7i2.18302

References

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. Malang : UMM Press.
Falentini, Febry Yani, dkk. (2013). Usaha Yang Dilakukan Siswa Dalam Menentukan Arah Pilihan Karir Dan Hambatan-Hambatan Yang Ditemui. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol 2(1): 310-316.
Feist, J. & Feist, G. J. (2008). Theories of Personality. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hartinah, Siti. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.
Hadori, Mohamat. 2015. Aktualisasi-Diri (Self-Actualization); Sebuah Manifestasi Puncak Potensi Individu Berkepribadian Sehat. 7 (2): 207-220.
Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Jurusan BK FIP Universitas Negeri Padang.
Puspitaningsih & Nursalim. (2014). Hubungan Rasa Percaya Diri dan Komunikasi Interperdsonal dengan Aktualisasi Diri Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Baureno-Bojonegoro. Jurnal BK UNESA. Vol 04(1): 22-27.
Syahrul, Muhammad. (2015). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Penyesuaian diri Siswa. Journal of EST. Vol 1(1): 46-60.

Most read articles by the same author(s)