Pengaruh Layanan Informasi Bidang Sosial dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Penyesuaian Diri
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kajen yang memiliki kemampuan penyesuaian diri yang kurang di lingkungan baru. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh layanan informasi bidang sosial dengan teknik sosiodrama terhadap penyesuaian diri siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode pre-experiment. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuh kali pemberian perlakuan pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kajen, dengan subjek penelitian 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala penyesuaian diri. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan penyesuaian diri sisw pada kategori sedang dengan presentase (64%). Setelah diberikan perlakuan melalui layanan informasi bidang sosial dengan teknik sosiodrama terjadi peningkatan penyesuaian diri pada kategori tinggi dengan presentase (78%). Hal tersebut menunjukkan bahwa layanan informasi bidang sosial dengan teknik sosiodrama berpengaruh terhadap peningkatan penyesuaian diri siswa.
This study was conducted based on the phenomenon that accurs in the students of class VIII F SMP Negeri 2 Kajen wich has the ability of self adjustment that is lacking in the new enviroment. The purpose of this study is to know the influence of the social information service with sociodrama technique against self adjustment of student. The type of research is experiment with pre-experiment method. This research was carried out with seven treatment times in the class VIII F SMP Negeri 2 Kajen, with subject research 36 students. Data collesction method used is the scale self adjustment. Data were analyzed using descriptive analysis of the percentage and the t-test. The results show student self adjustment in the medium category with a percentage (64%). After being given a treatment through social information service with sociodrama technique increase of self adjustment in the high category with percentage (78%). This show that the social information service with sociodrama technique affect on the increased self adjustment of students.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Hurlock, 2003. Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga.
Komalasari, Gantina. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. INDEKS.
Mclennan, Denna Pecaski. 2008. Kinder-caring: Exploring the Use and Effects of Sociodrama in a Kindergarten Classroom. Journal of Student Wellbeing. 2(1) : 74-88
Musripah & Marapaung, Junierissa. (2016). Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Penyesuaian Diri Siswa SMP Negeri 18 Batam Riau. Jurnal Dimensi. 5(2)
Prayitno & Erman Amti. 2004. Dasar- Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Reineka Cipta
Sukardi. 2003. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung : C.V Alfabeta.
Sunarto & Agung Hartono. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Supriyo. 2008. Studi Kasus Bimbingan Konseling. Nieuw Setapak
Suryabrata, Sumadi. 2001. Psikologi Perkembangn, Jakarta: CV Rajawali