Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran ditinjau dari Efikasi Diri dan Self Regulated Learning
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak
Penelitian ini mendasarkan pada fenomena keterlibatan siswa dalam pembelajaran yang rendah di SMP negeri 22 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara efikasi diri dan self regulated learning terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah ex post facto, dengan populasi 288 dan sampel 158. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala efikasi diri, skala self regulated learning dan skala keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh antara efikasi diri terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran (R2=0.437,p=<0,01), kemudian self regulated learning juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterlibatan siswa (R2=0.765, p=<0,01). Secara bersama-sama efikasi diri dan self regulated learning berpengaruh terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran (R2=0,794, p= <0,01).
Kata Kunci: Efikasi Diri, Self Regulated Learning, Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran
Abstract
This research is based on the phenomenon of student engagement that is low in SMP Negeri 22 Semarang. This study aims to determine the effect between self efficacy and self regulated learning on student engagement in learning. The research design in this research is ex post facto, with population 288 and sample 158. The sampling technique used is simple random sampling. The data were collected using self-efficacy scale, self-regulated learning scale and student's engagement scale. Research results showed the presence of influence between self efficacy against student engagement (R2=0.437, p =< 0.01), then self regulated learning also have significant influence towards student engagement (R2=0.765, p=< 0.01). Collectively self efficacy and self regulated learning effect on student engagement (R2 = 0,794, p=< 0.01).
Keyword: self efficacy, self regulated learning, student engagement
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Etiafani & Anita Litiara. (2015). Self-regulated learning dan kecemasan akademik pada siswa SMK. Jurnal Empati. 4(4), 144-149.
Finn, Jeremy D & Kayla S. Zimmer. (2012). Student engagement: what it is? why does it matter?. In: Sandra L Christenson (Eds). Handbook of Research on Student Engagement (p.97-132). New York: Springer.
Fredick, Jennifer & Wendy Mc Colskey. (2012). The measurement of student engagement: a comparative analysis of various methods and student self-report instrument. In:Sandra L Christenson (Eds). Handbook of Research on Student Engagement (p.763-782). New York: Springer
Gibss, Robyn & Jenny Poskitt. (2010). Student engagement in the middle years of schooling (years 7-10):a literature review. New Zealand: Ministry of Education.
Handelsman dkk. (2005). A measure of college student course engagement. The Journal of Educational Research. 98 (03):184-191.
Khalid, Abdul. (2015). Hubungan efikasi diri dan dukungan teman sebaya dengan keterlibatan siswa pada sekolah. Tesis. Surakarta:Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Linnenbrink, Elizabeth A. (2003). The role of self-efficacy beliefs in student engagement and learning in the classroom. Journal Reading & Writing Quarterly. 19(2):119-137.
Muna, N Rifatil. (2013). Efektifitas teknik self-regulation learning dalam mereduksi tingkat kejenuhan belajar siswa di SMA Insan Cendekia Sekar Kemuning Cirebon. Jurnal Holistik. 14(2):57-77.
Putrayasa, I Bagus. (2013). Buku ajar landasan pembelajaran. Diunduh http://pasca.undiksha.ac.id/media/1227.pdf tanggal 10 Mei 2017
Santrock. (2007). Psikologi pendidikan (Edisi ke-2). Jakarta: Kencana Fajar Putra Grafika
Rahadianto,A Ilmi & N.H Yoenanto. (2014). Hubungan antara self-efficacy dan motivasi berprestasi dengan kecemasan akademik pada siswa program Sekolah RSBI di Surabaya. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi. Vol 3(3):123-128.
Sandi,M. (2017). Hubungan efikasi diri dengan minat belajar siswa-siswi SMK YPK Tenggarong. E-Jurnal Psikologi Fisip UnMul. 5 (2):375-385
Schunk,D & Carol.A.Mullen. (2012). Self-efficacy as an engaged learner. In: Sandra L Christenson (Eds). Handbook of Research on Student Engagement (p.219-236). New York: Springer
Utami,D Ajeng & Kusdiyati. (2015). Hubungan antara student engagement dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI di Pesantren Persatuan Islam No 1 Bandung. Prosiding Penelitian Sivitas Akademia Unisba (Sosial dan Humaniora. Bandung 18-20 Agustus 2015.
Afrianti F & Sulisworo Kusdiyati. (2015). Studi Deskriptif Student Engagement Siswa Kelas X,XI Dan XII IPS SMA Mutiara 2 Bandung. Prosiding Penelitian Sivitas Akademia Unisba (Sosial dan Humaniora). Bandung 18-20 Agustus 2015.
Wangid, M Nur. (2014). Peningkatan prestasi belajar melalui self regulated learning. Jurnal Cakrawala Pendidikan.23 (1):1-19.
Zimmerman,B.J. (1989). A social cognitive view of self-regulated academic learning. Journal of Educational Psychology. 81(3):329-339.