Hubungan antara kematangan emosi dan self regulation dengan kemampuan penyesuaian diri pada siswa kelas VII SMP Negeri 29 Semarang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dwi Riskiyani
Maria T. S Hartati
Sugiyo Sugiyo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi dan self regulation dengan kemampuan penyesuaian diri siswa sekolah menengah pertama baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Peneitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 152 dari populasi 272 siswa dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala kemampuan penyesuaian diri, skala kematangan emosi dan skala self regulation. Adapun teknik analisis data menggunakan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara kematangan emosi dengan kemampuan penyesuaian diri memiliki hubungan yang signifikan (R=0,830, t=18,199, p=0,000<0,05), kemudian antara self regulation dengan kemampuan penyesuaian diri memiliki hungan yang signifikan (R=0,682, t=11,415, p=0,000<0,05). Begitu pula antara kematangan emosi dan self regulation dengan kemampuan penyesuaian diri memiliki hubungan yang signifikan (R=0,849, F=193,024, p=0,000<0,005). Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kematangan emosi dan self regualtion dengan kemampuan penyesuaian diri.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Riskiyani, D., Hartati, M., & Sugiyo, S. (2018). Hubungan antara kematangan emosi dan self regulation dengan kemampuan penyesuaian diri pada siswa kelas VII SMP Negeri 29 Semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(4). https://doi.org/10.15294/ijgc.v6i4.17604

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>