Layanan Informasi Sosial dan Kemandirian Sosial Terhadap Penyesuaian Diri Siswa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Lian Navis naqifa Hutama
Heru Mugiarso
Sinta Saraswati

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang layanan informasi sosial dan kemandirian terhadap penyesuaian diri siswa. Skala persepsi siswa, skala kemandirian sosial dan skala penyesuaian diri siswa diberikan kepada 95 orang siswa yang diambil secara purposive. Berdasarkan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda menunjukkan penyesuaian diri menjadi prediktor persepsi siswa tentang layanan informasi sosial (R2 = 0,152 ), begitu pula kemandirian sosial (R2 = 0,146 ), dan persepsi siswa tentang layanan informasi sosial dan kemandirian sosial dalam penyesuaian diri siswa (R2 = 0,228). Simpulan dari penelitian ini bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang layanan informasi sosial dan kemandirian sosial dengan penyesuaian diri siswa. Penelitian ini memberikan implikasi kepada konselor diharapkan mampu memberikan layanan informasi yang sesuai agar siswa mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya.


 


Kata kunci : kemandirian sosial; layanan informasi social; penyesuaian diri; persepsi siswa


ABSTRACT


This study aims to determine the relationship between students' perceptions of social information services and independence towards student adjustment. The scale of student perceptions, social independence scale and student adjustment scale were given to 95 students taken purposively. Based on simple linear regression and multiple linear regression shows self-adjustment predictors of students 'perceptions of social information services (R2 = 0.152), as well as social independence (R2 = 0.146), and students' perceptions of social information services and social independence in student adjustment ( R2 = 0.228). The conclusion of this study is that there is a significant relationship between students' perceptions of social information services and social independence with student adjustment. This research has implications for counselors who are expected to be able to provide appropriate information services so that students are able to adjust to their environment.


Keywords: adjustment; social independence; students' perceptions of social information services

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hutama, L., Mugiarso, H., & Saraswati, S. (2022). Layanan Informasi Sosial dan Kemandirian Sosial Terhadap Penyesuaian Diri Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(2), 116-120. https://doi.org/10.15294/ijgc.v9i2.28274

References

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
______. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka
Cipta.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Gerungan. (2004). Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama

Gallagher, S. (2012). What is phenomenology?. In Phenomenology (pp. 7-18). Palgrave Macmillan, London.

Fatimah, Enung. (2006). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia.

Hariyadi, Sigit. (2012). Perkembangan Individu. Semarang: Unnes.

Healey, M. (2014). Developing independent & autonomous learning. Researcher Paper.

Hirzati, U. (2013). Hubungan Antara Kemandirian Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Hurlock, E. B. (1999). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Monks, A.M.P. Knoers, Siti rahayu Haditono. (2001). Psikologi Perkembangan (Pengantar dalam berbagai bagiannya). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Santrock, John W. (2002). Life-span Development : Perkembangan Masa Hidup. Edisi 5 jilid 2, Jakarta : Erlangga

Sunarto dan Agung Hartono. (2002). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Winingtyas, Hesti. (2013). Penyesuaian Diri Ditinjau dari Persepsi Terhadap Lingkungan Sekolah. Surakarta: UMS.

Winkel dan Sri Hastuti. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan.Yogyakarta: Media Abadi.

Yengimolki, Soheila. et al. (2015). Self-Concept, Social Adjustment and Academic Achievement of Persian Students. International Review of Social Sciences and Humanities, 8 (2), 50-60.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>