Hubungan antara Kepribadian Tangguh dengan Tingkat Stres Menghadapi Tuntutan Akademik dan Organisasi Anggota Lembaga Kemahasiswaan
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kepribadian tangguh merupakan karakteristik pribadi yang memiliki daya tahan terhadap suatu tekanan yang menyebabkan stres dan mampu menentukan respon yang efektif untuk mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian tangguh dengan tingkat stres menghadapi tuntutan akademik dan organisasi pada anggota lembaga kemahasiswaan FIP UNNES tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bersifat diskriptif korelasional dengan menggunakan skala psikologis dalam pengumpulan data. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota random sampling dan diperoleh anggota lembaga kemahasiswaan sejumlah 150. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran kepribadian tangguh dan tingkat stres anggota lembaga kemahasiswaan se-FIP UNNES 2019 masing-masing berada pada kategori sedang yaitu 68.7% dan 74%. Hasil analisis korelasi product moment sebesar -0.625 (p<0.05) dengan = 0.159, sehingga nilai > , maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kepribadian tangguh dengan tingkat stres anggota lembaga kemahasiswaan se-FIP UNNES tahun 2019.
Hardiness is a personal characteristic that has a resistance to a pressure that causes stress and has capability to determine an effective response to overcome it. This study aimed to determine the relationship between hardiness with the level of stress facing academic and organizational demands on the students organization members of the FIP UNNES in 2019. This study applied quantitative method which was descriptive correlational using psychological scales in collecting the data. The sampling technique used quota random sampling and was obtained by 150 students organization members. Data analysis techniques were quantitative descriptive analysis and pearson product moment correlation. The result of this study showed that a representation of hardiness and stress levels of the students organization members throughout the FIP UNNES 2019, respectively in the medium category of 68.7% and 74%. The result of the product moment correlation analysis was -0.625 (p<0.05) with = 0.159, so the value of > . It can be concluded that there is a negative and significant relationship between the hardiness with the stress levels of students organization members of FIP UNNES in 2019
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Fajrien, Sheilla dkk. 2017. Perbedaan Kepercayaan Diri dan Ketahanan Stres Mahasiswa yang Aktif Dengan Mahasiswa yang Tidak Aktif dalam Organisasi Internal Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Jurnal Psikologi. Surakarta : Universitas Sebelas Maret
Golestaneh, Seyed Mousa. 2018. Relationships between self-efficacy and personal hardiness and pain self-efficacy in university students. Journal of research & health : Vol.8, No.2. 182-188. DOI : 10.29252/jrh.8.2.182
Irhamiati dkk. 2017. Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Disiplin Belajar. Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol.2 No.3 Hal 73-81. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala
Kholidah, E. N., & Alsa, A. (2012). Berpikir positif untuk menurunkan stres psikologis. Jurnal psikologi, 39(1), 67-75.
Maddi, Salvatore R. 2013. Hardiness: Turning Stressful Circumstances into Resilient Growth. Springer: USA.
Mahmudah, Imroatul. 2009. Perbedaan Ketangguhan Pribadi (Hardiness) antara Siswa dan Siswi Di Sekolah Menengah Pertama Daerah Rawan Abrasi. Jurnal Psikologi (Indigenous) : Vol.11, No.2. 47-59
Sabela, Osi Isna dkk. 2014. Ketangguhan Mahasiswa yang Berwirausaha : Studi Kasus. Jurnal Psikologi Vol.13 No.2 170-189. Semarang : Universitas Diponegoro
Salinan Kemendikbud RI No.155/U/1998. 1998.Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan Diperguruan Tinggi. Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Sarafino, E.P, and Smith, T.W. 2011. Health Psychology. Biopsychosocial Interactions. 7th edition. United states of America. Library of Congress Cataloging
Sekariansah, A. T., & Sakti, H. (2013). Hardiness relationship between stress with sort of students in thesis. Jurnal EMPATI, 2(4), 74-82.
Singh, R. (2016). Stress among School-Going Adolescents in Relation to Psychological Hardiness. Journal on Educational Psychology, 9(4), 8-15.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Wahanisa, Rofi dan Prihastuty, Rahmawati. 2015. Penguatan Hardiness melalui Psikoedukatif pada Narapidana Wanita. LKTI Dosen : UNNES