Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir pada Siswa
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan kemampuan pengambilan keputusan karir. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 100 dari populasi siswa berjumlah 144 siswa dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan alat pengumpul data skala dukungan keluarga dan skala kemampuan pengambilan keputusan karir. Adapun analisis data menggunakan product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan kemampuan pengambilan keputusan karir (r=0,242, p = 0,015<0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin rendah dukungan keluarga, maka kemampuan pengambilan keputusan karir mereka akan semakin rendah juga, sebaliknya jika dukungan keluarga semakin tinggi maka kemampuan pengambilan keputusan karir siswa juga semakin tinggi.
Abstract
This research aimed to know the relationship between family support with the ability of career decision making. This research was descriptive correlational research. The sample used were 100 students out of 144 population taken used simple random sampling. The data collection tools used family support scale and the ability of career decision making scale. The data analysis used product moment. The result showed that there is significant relationship between family support with the ability of career decision making ((r=0,242, p = 0,015<0,05). It can be concluded that the lower the family support, the lower their career decision-making capabilities will be, the opposite if family support increases,, the student career decision-mmaking skills also increase.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Ali, Muhammad. (2016). Dukungan Keluarga, Peran Gender, Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Karir, dan Pengharapan Hasil terhadap Career Indecision Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri. Kota Madiun. PALASTREN. 9(2), 279-304
Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Devianti, Rika. (2015). Kontribusi Dukungan Orangtua, Teman Sebaya, dan Guru Bimbingan dan Konseling terhadap Minat Siswa pada Jurusan yang ditempati di SMA. Indonesian Institute for Counseling and Educatio, 3(2), 22-30
Girianto, Agus. (2017). Pengaruh Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Kemantapan Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. 3(9), 385-391
Hartinah, Siti. (2010). Pengembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Rafika Aditama
Hurlock, E.B. (2002). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Mulyoto. (2012). Dukungan Orang Tua dalam Karier terhadap Perilaku Eksplorasi Karier Siswa SLTP. Teknodika. 10(2), 127-140
Priyatno, Duwi. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Setiyowati, Eny. (2015). Hubungan Efektivitas Bimbingan Karir dan Orientasi Masa Depan dengan Keputusan Karir Remaja. Tesis. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Winkel, W.S & Hastuti, S.M.M. (2013). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi