Hubungan Antara Self-efficacy dengan Motivasi Belajar Menghadapi Ulangan pada Siswa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Evan Dhani Rindu Rulita Devi
Kusnarto Kurniawan

Abstract

Abstrak


Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di lapangan di mana adanya motivasi belajar di SMP Negeri 1 Penawangan yang menunjukkan bahwa siswa mengalami motivasi belajar yang rendah. Faktor yang dominan pada motivasi belajar siswa yaitu self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan motivasi belajar menghadapi ulangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto dengan desain korelasional. Skala self-efficacy dan skala motivasi belajar ditanggapi oleh 158 responden dan datanya dianalisis dengan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif  yang signifikan antara self-efficacy dengan motivasi belajar menghadapi ulangan (rxy)= 0,481, r-tabel = 0,481 > 0,159. Jadi dapat disimpulkan antara variabel X dan Y terdapat korelasi yang cukup/sedang, bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara self-efficacy dengan motivasi belajar menghadapi ulangan. Maka dari itu, disarankan kepada guru BK agar menjalin kerjasama dengan semua stakeholder BK khususnya wali kelas dan guru mata pelajaran untuk membantu meningkatkan perkembangan siswa yang berkaitan dengan self-efficacy dan motivasi belajar. Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat lebih mendalam dan memperluas terkait dengan metode atau jenis penelitian yang berbeda dengan penelitian ini.


Abstract


This research was designed based on the phenomenon where the learning motivation in Junior High School 1 Penawangan showed that the students have low motivation in learning. The dominant factor of learning motivation is self-efficacy. This research aims to know the relation of self-efficacy and learning motivation when facing examination. The type of the research is expost facto research with correlational design. The scale of self-efficacy and learning motivation were responded by 158 respondents and then being analysed with product moment correlation technique. The result of the research showed that there is positive significant correlation between self-efficacy and learning motivation when facing examination (rxy)= 0.481, r-table= 0.481 > 0.159. So, it can be concluded that between X and Y variable there is medium correlation which means it is positive significant correlation between self-efficacy and learning motivation when facing examination. Therefore, it is suggested for school counselor to have a good cooperation with stakeholder counselor especially homeroom or advisory teacher and subject teacher in order to improve students' development in terms of self-efficacy and learning motivation. For the next researcher, hopefully this research can be analysed further and deeper in terms of different methods or types with this study.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rulita Devi, E. D., & Kurniawan, K. (2021). Hubungan Antara Self-efficacy dengan Motivasi Belajar Menghadapi Ulangan pada Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 10(1), 42-54. https://doi.org/10.15294/ijgc.v10i1.36305

References

Adman dan Monika. (2017). Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Pelajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 1 (1) 109-116

Bandura, A. (1997a). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: Freeman and Company.

Bandura, A. (1997b). Self-efficacy in Changing Societies. New York : Cambridge University Press. https://doi.org/10.1109/EVER.2017.7935960

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Kurniyawati, R. (2012). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Psikologi

Lestyanto, T. (2013). Hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar siswa RSBI. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Ningtyas, P. R. R. (2011). Pengaruh persepsi iklim kelas dan self-efficacy terhadap motivasi belajar anak jalanan. (Skripsi).

Nugrahani, R. (2013). Hubungan Self-Efficacy Dan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi. Universitas Negari Yogyakarta

Santrock, Jhon W. (2010). Adolesence (perkembangan remaja). Jakarta: Erlangga

Schunk, D. H. (2002). The Development of Academic Self-Efficacy. NACADA Journal, 8(1), 11–28.

Suprijanto. (2008). Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryabrata. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Upoyo, A., & Sumarwati, M. (2011). Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Mahasiswa Profesi Ners Jurusan Keperawatan Unsoed Purwokerto. Soedirman Journal of Nursing, 6(2), 81–87.

Most read articles by the same author(s)