Meningkatkan Kematangan Emosi Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Bermain (Games)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi atau temuan empiris tentang meningkatkan kematangan emosi melalui layanan penguasaan konten dengan teknik bermain (games) pada siswa kelas IV SD N 01 Sijambe. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD N 01 Sijambe yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kematangan emosi. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian menggunakan validitas dengan rumus product moment oleh Pearson dan reabilitas instrument dengan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan Uji beda t-Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan kematangan emosi melalui layanan penguasaan konten dengan teknik bermain (games), dengan nilai thitung = 15,064 > ttabel = 2,038. Simpulan dari penelitian ini yakni kematangan emosi dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan teknik bermain (games).
The purpose of this research is to get information or empirical finding about increase the emotional maturity, through mastery of content service with games technique to the fourth grade students class of SD N 01 Sijambe. This study is quasi-experimental. Subjects in this research were 33 students in grade IV of SD N 01 Sijambe. Data collection techniques using emotional maturity scale. The instrument has been tested for validity using Pearson product moment and reliability of the instrument with alpha formula. Data analysis used descriptive percentage, and t-Test. The result of study showed there was increase of emotional maturity through mastery of content service with games technique with rcount=15,064>rtable=2,038. The conclusion of study was emotional maturity could be increased through mastery of content service with games technique.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Geldard, Kathryn & Geldard, David. 2012. Konseling Anak-anak. Jakarta: Indeks
Hurlock, Elizabeth B. 2005. Perkembangan anak jilid 1 edisi keenam. Jakarta : Erlangga
. 2009. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga
Ismail, Andang. 2012. Education Games. Yogyakarta: Pro-U Media
Kartadinata, dkk. 2007. Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pndidikan formal. Jakarta: Depdiknas
Mappiare, Andi. 2006. Kamus Istilah Konseling dan Terapi.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Mugiarso, Heru dkk. 2009. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UPT MKK UNNES
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: UNP
Safaria, Triantoro & Saputra, Nofrans Eka. 2009. Manajemen Emosi. Jakarta : Bumi Aksara
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Edisi Ketujuh Jilid Dua. Jakarta: Erlangga