Pengaruh Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Kemampuan Perencanaan Karir
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi pada siswa kelas VIII G SMP N 24 Semarang yang memiliki kemampuan perencanaan karir rendah. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik mind mapping terhadap kemampuan perencanaan karir. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian Bimbingan dan Konseling adalah tindakan yang dilakukan oleh konselor dalam memberikan layanan guna memperbaiki kualitas layanan. Penelitian ini dilakukan 6 kali treatment di kelas VIII G SMP N 24 Semarang, dengan subyek 32 siswa. metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala perencanaan karir. Teknik analisis data menggunakan analisis data t-test dan deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukan kemampuan perencanaan karir sebelum pemberian treatment sebagian besar pada kategori rendah (66%). Setelah diberikan treatment kemampuan perencanaan karir siswa meningkat sebesar (72%) dalam ketegori tinggi. Hal tersebut menunjukkan layanan penguasaan konten dengan teknik mind mapping dapat berpengaruh pada kemampuan perencanaan karir.
This research was conducted based on phenomena that occur in grade VIII G SMP N 24 Semarang that has the capability of planning a career low. The purpose of the research is to the service content mastery with mind mapping techniques towards the ability of career planning. This type of research is research experiments.Research guidance and Counselling is an action carried out by the counsellors in providing services to improve the quality of service. This research was conducted 6 times treatment in class VIIIG SMP N 24 Semarang, with the subject of 32 students.the data collection method used is the scale of career planning. Technique of data analysis t-test and a descriptive percentage. Research results showed the ability of career planning prior to the giving of the treatment in large part on the low category (66%). After being given treatment ability of the career planning of students increased by (72%) In the High requirements. Shows content services with mind mapping techniques can affect the ability of career planning.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Corey, Gerald. 2009. Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama
Edward, Caroline.2009. Mind Mapping untuk anak sehat dan cerdas. Yogyakarta: Sakti
Munandir. 1996. Program Bimbingan Karier di Sekolah. Jakarta: Depdikbud
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang:Universitan Negeri Padang
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Winkel dan sri Hastuti. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media abadi.