STRATEGI PEMBELAJARAN YANG DAPAT MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DI KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH

  • Falakhul Auliya Semarang state university
  • Tri Suminar Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Keywords: Kemandirian Belajar, Strategi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan pembelajaran bahwa banyaknya warga belajar yang tidak dapat mengembangkan potensinya sesuai kebutuhan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan karakteristik kemandirian belajar yang dikembangkan pada warga belajar di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah (KBQT) dan mendeskripsikan strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan kemandirian belajar warga belajar di KBQT.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari warga belajar dan pendamping. Informan pendukung pada penelitian ini yaitu pengelola. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan model interaktif Miles-Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warga belajar di KBQT memiliki karakteristik kemandirian belajar yaitu tidak tergantung kepada orang lain, menetapkan tujuan belajar, mendiagnosis kebutuhan belajar, memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab serta melakukan evaluasi diri. KBQT menerapkan strategi discovery learningdan strategi belajar mandiri yang dapat mengembangkan kemandirian belajar warga belajar.

 

References

Barlian, I. 2013. Begitu Pentingkah Strategi Belajar Mengajar Bagi Guru?Jurnal Forum Sosial. 6 (1): 246.

Hidayati, K. & Endang, L. 2010. Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 14 (1): 96.

Kamil, M. 2012. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta

Kemp. Jerrold E. 1994. Proses Perancangan Pengajaran: terjemahan Asril Marjohan. Bandung: Penerbit ITB.

Majid, A. 2013.Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L.J. 2011.Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mujiman, H. 2011. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pintrich, P.R. 1999. The Role of Motivation in Promoting and Sustaining Self-regulated Learning.Journal of Educational Research. 31 (1999): 46

Pramudia, J.R. 2006. Orientasi Baru Pendidikan: Perlunya Reorientasi Posisi Pendidik dan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 3 (1): 33.

Sanjaya, W. 2011.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Siswanto.2013. Membangun Motivasi Belajar Pendidikan Non Formal. Semarang: Unnes Press.

Sobri, M & Moerdiyanto.2014. Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya.Jurnal Harmoni Sosial. 1 (1): 53.

Sutarto, J. 2008. Manajemen Pendidikan Non Formal. Semarang: Unnes Press.

[UU] Undang-undang.2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara Republik.

Published
2016-06-27
How to Cite
Auliya, F., & Suminar, T. (2016). STRATEGI PEMBELAJARAN YANG DAPAT MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DI KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v5i1.10077
Section
Articles