PARTISIPASI ANGGOTA PADA KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DAN PERANNYA DALAM MENGEMBANGKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN

  • Ignatius Agung Dwi Nugroho Jurusan Pendidikan Non-Formal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
  • Tri Suminar Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu PEndidikan Universitas Negeri Semarang
Keywords: Member Participation, The Role of Cooperative Activities, Spirit of Entrepreneurship

Abstract

Penelitian bertujuan mendeskripsikan kegiatan Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Kopma Unnes), tingkat partisipasi, peran, tingkat jiwa kewirausahaan serta kendala. Pendekatan penelitian dengan kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian mahasiswa anggota Kopma Unnes aktif dari beberapa fakultas sebanyak 40 orang. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan perhitungan presentase. Analisis data secara interaktif yang berlangsung secara terus menerus sampai tuntas dan perhitungan presentase yang kemudian didiskripsikan untuk menarik simpulan, kategori nilai perhitungan presentase yaitu sangat tinggi, tinggi, cukup, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan yang diselenggarakan Kopma Unnes meliputi pendidikan dasar, menengah, lanjut, dan pelatihan berlanjut. Partisipasi anggota dalam mengikuti kegiatan tergolong tinggi dengan skor sebesar 71,47%, artinya anggota berkontribusi dalam kegiatan keanggotaan dan permodalan. Kegiatan Kopma Unnes berperan sebagai motivator, innovator, dan fasilitator dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan anggota. Jiwa kewirausahaan anggota tinggi dengan skor akhir sebesar 76,4%, artinya anggota memiliki sikap kepemimpinan, berorientasi tugas dan hasil, orientasi pada masa depan, kreativitas, pengambilan resiko, dan kepercayaan diri. Kendala yang dihadapi meliputi kegiatan Kopma Unnes terkadang tumbukan dengan kegiatan perkuliahan, kurangnya partisipasi dari angkatan 4 ke atas, adanya miss komunikasi antar pengurus sehingga menyebabkan kurangnya koordinasi, serta kesulitan menghadirkan narasumber kompeten.

The study aims to describe the activities of Student Cooperative State University of Semarang (Kopma Unnes), the level of participation, the role, the level of entrepreneurial spirit as well as constraints. Research approach with qualitative and quantitative descriptive. Students study subjects Unnes Kopma active member of several faculties as many as 40 people. The collection of data in the form of observation, interviews, documentation, and questionnaires. Validity of the data with triangulation sources and percentage calculations. An interactive data analysis that goes on continuously until complete and percentage calculations are then didiskripsikan to draw conclusions, the calculation of the percentage of the value category is very high, high, adequate, and low. The results showed that the activities organized by Kopma Unnes include primary, secondary, further and continuing training. Participation of members in following high activity with a score of 71.47% means that members contribute to the activities of the membership and capital. Kopma activities Unnes role as motivator, innovator, and the facilitator in developing the entrepreneurial spirit members. Member high entrepreneurial spirit with a final score of 76.4% means that members have an attitude of leadership, task-oriented and results, future orientation, creativity, risk taking, and self-confidence. Constraints faced in developing the entrepreneurial spirit that members Kopma activities Unnes sometimes collisions with lectures, lack of participation from generation 4 above, the miss communication between the board, causing a lack of coordination, and difficulty keynote speakers.

References

Faridhoh, Umi. 2014. Pengaruh Gadget (smartphone) bagi Kehidupan Keagamaan Mahasiswa (online). https://umifaridhohas.wordpress.com. Diakses pada tanggal 30 April 2015 pukul 12.37 WIB.

Hendro. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga.

Ida. 2010. Peran Koperasi bagi Mahasiswa (online).

https://kopmakita.wordpress.com/2011/04/27/peran-koperasi-bagi-mahasiswa/. Diakses pada tanggal 19 Januari 2015 pukul 19.07 WIB.

KEMENKOP dan UKM. 2010. Partisipasi Anggota Koperasi. Jakarta.

Republik Indonesia. 2011. Peraturan Pemerintah No. 41 Tahun 2011 entang pengembangan kewirausahaan dan kepeloporan pemuda, serta penyediaan prasarana dan sarana kepemudaan. Lembaran RI Tahun 2011, No. 5238. Jakarta. Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. 2012. Undang-Undang No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. Lembaran RI Tahun 1992, No. 116. Jakarta. Sekretariat Negara.

Sugiyarta. 2009. Dinamika Kelompok dan Kepemimpinan. Semarang: Unnes Press.

Suryana. 2003. Kewirausahaan Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Tyapranita. 2011. Keterampilan Berbicara (online).

http://tpunya.blogspot.com/2011/04/keterampilanberbicara.html?m=1. Diakses pada tanggal 29 April 2015 pukul 08.48 WIB.

Untung, H. B. 2004. Hukum Koperasi dan Peran Notaris Indonesia. Yogyakarta: Andi.

How to Cite
Nugroho, I., & Suminar, T. (1). PARTISIPASI ANGGOTA PADA KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DAN PERANNYA DALAM MENGEMBANGKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v4i1.8036
Section
Articles