Efektifitas Metode Permainan Media Kartu Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksorn di Thailand

  • Isnaeni Pangestika Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
  • Achmad Rifai Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
  • Utsman Utsman Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dan mendeskripsikan keefektifan metode permainan media kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca aksorn pada PAUD Ban Klong-To di Thailand. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest. Subjek penelitian adalah kelompok B PAUD Ban Klong-To sejumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest 8,3 lebih besar dibandingkan nilai pretest yang sebesar 3,4. Hasil uji-t menunjukkan nilai t-hitung (14,462) > t-tabel (1,708) serta perhitungan hasil gain score sebesar 0,75 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan media kartu bergambar terbukti efektif diterapkan terhadap pembelajaran membaca pada anak usia dini.

Published
2017-06-30
How to Cite
Pangestika, I., Rifai, A., & Utsman, U. (2017). Efektifitas Metode Permainan Media Kartu Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksorn di Thailand. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 10-17. https://doi.org/10.15294/jnece.v1i1.13451
Section
Articles