PENYELENGGARAAN PAUD BERBASIS PENDIDIKAN AL-QUR’AN (STUDI PADA PAUD-TPQ NURUL HUDA DI JALAN PANCURSARI IV KELURAHAN JANGLI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG)
Abstract
Penyelenggaraan PAUD menitikberatkan pada peletakkan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik atau motorik, intelektual, emosional, moral, spiritual, sosial, bahasa, seni, dan kreativitas, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Salah satu Satuan PAUD Sejenis yang perlu mendapatkan perhatian adalah PAUD berbasis Pendidikan Al-Qur’an. PAUD berbasis Pendidikan Al-Qur’an adalah program dari Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan di bawah naungan Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD berbasis Pendidikan Al-Qur’an merupakan PAUD yang berbasiskan keagamaan, sehingga peruntukannya bagi anak yang seagama. Tujuan penelitian ini mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian PAUD berbasis Pendidikan Al-Qur’an pada PAUD-TPQ Nurul Huda Kelurahan Jangli Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berjumlah sepuluh orang yang terdiri dari satu orang kepala lembaga PAUD, satu orang sekretaris, satu orang bendahara, dua orang pendidik, dua orangtua peserta didik, dua peserta didik dari PAUD-TPQ Nurul Huda, dan satu orang staff UPTD Pendidikan Kecamatan Tembalang. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data penelitian meliputi uji kredibilitas data (validitas internal), uji transferability (validitas eksternal), uji depenability (reliabilitas), dan uji comfirmability (obyektifitas). Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkankesimpulan bahwa penyelenggaraan PAUD-TPQ Nurul Huda sudah sesuai dengan pedoman penyelenggaraan PAUD berbasis Pendidikan Al-Qur’an, dan sudah sesuai dengan teori komponen penyelenggaraan.Saran untuk PAUD-TPQ Nurul Huda yaitubila akan melakukan perencanaan hendaknya semua komponen dilibatkan agar semua komponen mempunyai andil yang besar dalam penyelenggaraan PAUD-TPQ Nurul Huda. Tugas dan fungsi komite wali peserta didik perlu lebih dioptimalkan sehingga peran wali peserta didik dalam hal ini orang tua dapat lebih maksimal. Perlu adanya kerjasama yang cukup erat sehingga semua komponen ikut bersama melaksanakan apa yang telah menjadi perencanaan dengan sungguh-sungguh, dan hasil dari evaluasi, pelaporan, dan pembinaan perlu didokumentasikan atau dibuat notulen sehingga koreksi yang diberikan dapat digunakan untuk perbaikan penyelenggaraan PAUD-TPQ Nurul Huda selanjutnya.
Implementation of ECD focuses on laying the foundation toward the growth and development of physical or motor, intellectual, emotional, moral, spiritual, social, language, art, and creativity, according to the uniqueness and developmental stages through which early childhood. One of the early childhood unit kind of concern is early childhood education based on the Quran. Based early childhood education of the Qur'an is a program of Kemeterian Education and Culture under the auspices of the Directorate of Early Childhood Education. Based early childhood education of the Qur'an is a religious-based early childhood, so that the allocation for children who are the same religion. The purpose of this study to know how the planning, organizing, implementing, and controlling of early childhood education based on the Quran Nurul Huda ECD-TPQ Jangli Village District Tembalang Semarang. The study used a qualitative approach. Sources of data consisting of ten people from one person's head of early childhood institutions, one secretary, one treasurer, two teachers, two parents of students, two students from early childhood-TPQ Nurul Huda, and one staff person UPTD District Tembalang. The collection of data through observation, interviews, and documentation. Test the validity of research data include test the credibility of the data (internal validity), transferability test (external validity), depenability test (reliability), and test comfirmability (objectivity). Research results and discussion indicate the conclusion that the implementation of ECD-TPQ Nurul Huda is in conformity with the guidelines of the organization of early childhood education based on the Quran, and are in accordance with the theory of operation of the component. Suggestions for ECD-TPQ Nurul Huda will do the planning that is when all the components should be involved so that all the components have a big share in the administration of early childhood-TPQ Nurul Huda. Duties and functions of the committee guardians of students needs to be optimized so that the role of guardians of students in this case the parents can get more leverage. There needs to be a fairly close cooperation so that all the components come together to implement what has been planning in earnest, and the results of the evaluation, reporting, and guidance needs to be documented or made the minutes so that corrections can be used for improving the implementation of ECD-TPQ Nurul Huda further..
References
Daft, R.L. 2002. Manajemen. Jakarta: Erlangga.
Partini. 2010. Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Santoso, S. 2002. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan.
Sutomo. 2010. Manajemen Sekolah. Semarang:Unnes Press.
Suyadi. 2011. Manajemen PAUD TPA-KB-TK/RA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Terry, G.R. 2013. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Universitas Negeri Semarang. 2010. Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Unnes Press.
Ula, S.S. 2013. Buku Pintar Teori-Teori Manajemen Pendidikan Efektif. Yogyakarta: Berlian.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar PAUD. (Online).(http://hukum.unsrat.ac.id/men/mendiknasp2010_20_lamp.pdf), diakses 13 Mei 2014.