ANALISIS ASPEK-ASPEK KEORGANISASIAN UNIT KEGIATAN MAHASISWA BIDANG KEAGAMAAN ISLAM DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

  • Ramdhan Dwi Ratriana Jurusan Pendidikan Non-Formal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
  • Ilyas Ilyas Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Keywords: Intensity Of Communication, Organisation, Participation, Understanding

Abstract

Idealnya kegiatan sebuah lembaga kemahasiswaan, organisasi keagamaan mampu mentransformasikan nilai pada setiap kegiatanya. Kegiatan-kegiatan organisasi kampus tidak selamanya berjalan mulus, karena terjadi masalah pada aspek-aspek keorganisasian salah satunya adalah faktor kekurangan anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek keorganisasian yang ada pada unit kegiatan mahasiswa bidang keagamaan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana analisis data yang digunakan adalah Constant Comparative yang berarti membandingkan data satu dengan data lainya, baik data yang didapat melalui metode Observasi, Wawancara ataupun Dokumentasi. Subjek penelitian ini memiliki 9 orang, dimana 5 subjek merupakan data utama, 2 mahasiswa lainya dari fungsionaris sebagai data pembanding, ditambah pembina FUMMI dan Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan sebagai informan. Teknik keabsahan yang digunakan adalah teknik trianggulasi sumber data dan metode yang memakai teknik perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Unit Kegiatan Mahasiswa Keagamaan Islam Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES dapat dikatakan kurang aktif, intensitas komunikasi dan pemahaman mahasiswa terhadap FUMMI minim menimbulkan interpretasi mahasiswa yang beragam pada FUMMI sehingga berdampak pada kehadiran mahasiswa yang rendah, menyebabkan partisipasi mahasiswa untuk menjadi fungsionaris FUMMI rendah.

Ideally the activities of an institution of Student Affairs, religious organization capable of transforming value on every their programe. Organization of campus activities is not always a smooth ride, because there was a problem on organizational aspects, one of which was a factor in the lack of members. This study aims to describe the organizational aspects of the religious student activity units of Islam. This research is qualitative research, which analyses the data used is the Comparative means Constant comparing data one with other data, whether the data were obtained through the method of observation, Interview and documentation. The subject of this research have 9 people, where the main subject is 5 data, 2 other students from functionaries as data comparison, plus the Builder FUMMI and Dean of Student Affairs as Areas informants. The validity of the technique used is the technique of triangular data sources and methods of engineering prolongation of participation. Research results show that Islamic religious Student activity units Faculty of education UNNES can be said to be less active, the intensity of the communication and the understanding of students of minimal student's interpretation raises FUMMI mixed on FUMMI so impact on the low student attendance, led to the participation of the students to be functionaries FUMMI low.

References

Al Qur’an, Al Anbiya: 107. Penerbit :PT. Sygma Examedia Arkanleema

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Barakatu, Abdul Rahman. 2007. Kritik Terhadap Pandangan Sigmund

Freud: Agama dan Implikasinya terhadap Pendidikan: . Lentera Pendidikan,Edisi X, No. 2

Fakhrudin, Agus. 2014. Urgensi Pendidikan Nilai Untuk Memecahkan Problematika Nilai Dalam Konteks Pendidikan Persekolahan: Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim Vol. 12 No. 1

Gerungan, W.A. 2009. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama

Hodijah. 2004. Hubungan Antara Intensitas Komunikasi Orang Tua Dan Anak Dengan Motivasi Belajar Anak. Depok : Universitas Guna Dharma

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003, No. 4301. Sekretariat Negara. Jakarta

Sudjana, N. 1997. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Soyomukti, Nurani. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Strongman, Luke. 2013. The Psychology of Social Undermining in Organisational Behaviour : The Australian and New Zealand Journal of Organisational Psychology. Volume 6. No. e3

Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum.Yogyakarta: ANDI

Wulandari, H. P. 2007. Studi Deskriptif Tentang Presepsi dan Partisipasi Ibu-Ibu Dalam Program Imunisasi Balita di Desa Sukerejo Kabupaten Kendal. Semarang: UNNES

How to Cite
Ratriana, R., & Ilyas, I. (1). ANALISIS ASPEK-ASPEK KEORGANISASIAN UNIT KEGIATAN MAHASISWA BIDANG KEAGAMAAN ISLAM DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v4i1.8023
Section
Articles