PERAN KELOMPOK BERMAIN DALAMPROSES SOSIALISASI ANAK USIA DINI KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL

  • A’an Widiastuti Griya Fitri Jurusan Pendidikan Non-Formal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
  • Sungkowo Edy Mulyono Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Keywords: Socialization Childhood, Playgroup Process

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan proses kelompok bermain serta faktor pendukung dan penghambat di Kelompok Bermain dalam melakukan sosialisasi anak usia dini.Pendekatan penelitian metode kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 9 orang terdiri dari 1 lembaga, 1 pengelola,  2 pendidik dan 5 orangtua wali murid di Kelompok Bermain Bina Ceria. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam penelitian dengan dibantu pedoman wawancara dan observasi. Pemeriksaan dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, pengumpulan data dan pengambilan kesimpulan.Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Mendidik anak usia dini menjadi pribadi yang mandiri serta melatih anak dalam bersosialisasi, 2) Peran Kelompok Bermain terutama peran dari lembaga sebagai manajement, pengelola berperan sebagai kepala sekolah dan mengatur upaya peningkatan mutu pendidikan Kelompok Bermain, pendidik berperan mendidik dan membimbing anak, dan orangtua berperan melanjutkan pendidikan dirumah serta mengawasi tingkah laku anak pada saat dilingkungan keluarga maupun masyarakat, 3) Mendapat dukungan dari tokoh masyarakat dan lokasi KB yang strategis mudah dijangkau. Status kepemilikan gedung Kelompok Bermain masih pinjam pakai dan area bermain dan belajar sangat terbatas.

This study aims to determine the role and process of group play as well as enabling and inhibiting factors in preschool in early childhood socialization.The approach is a method of qualitative research. Subjects numbered 9 consists of one institution, one manager, two educators and 5 parents guardians of students in preschool Bina Cheers. Data was collected through interviews, observation, and documentation. The researcher is the main instrument in the study with the help guide the interview and observation. The examination was conducted to clarify the validity of the data by using the source. The data analysis technique used is data reduction, data collection and deduction.The study states that: 1) Educate early childhood become an independent person and train children in social, 2) Role Play Group mainly the role of institutions as Management of, the manager acts as the principal and organize efforts to improve the quality of preschool education, educating the educator role and guiding children, and parents play a role of continuing education at home and oversees the behavior of children at the time of the family and community environment, 3) Getting support from community leaders and family planning strategic location within easy reach. Building ownership status Playgroup still lease and a play area and a very limited study.

References

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah. 2004. Materi Pelatihan Intensif Tenaga Pendidik Anak Usia Dini. Semarang Direktorat PAUD. 2004, “Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Diniâ€. Jakarta : Proyek Pengembangan Anak Usia Dini Usia Pusat TA. 2004

Hurlock, Elizabeth. 1998. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Indiarto, Bambang. 2004. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Depan. Jakarta

Rambe, Roni Eko Wisuda. 2009. Studi Korelasional Tentang Politik Figure Terhadap Tindakan Memilih Partai Politik Pada Pemilu Legislatif 2009 Di Kalangan Mahasiswa Fisip USU. Jurnal Komunikasi Politik. USU. Medan.

Patmonodewo, Soemardi. 2000. Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta

http://yulianjanipgsdbhs.blogspot.com/2013/02/proses-sosialisasi-menurut-george.html

http://www.google.co.id=menurut+orang+tua+dalam+pendidikan+ kelompok+bermain&oq=peran+orangtua+dalam+perkembangan+sosialisasi+anak+usia+dini

How to Cite
Griya Fitri, A., & Mulyono, S. (1). PERAN KELOMPOK BERMAIN DALAMPROSES SOSIALISASI ANAK USIA DINI KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v4i1.8027
Section
Articles