ANALISIS PEMBELAJARAN TRAINING PADA LEMBAGA AT WEST OUTBOUND TRAINING SEMARANG

  • Tiara Rahmania Martharini
  • Amin Yusuf Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
  • Sungkowo Edy Mulyono Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Keywords: learning, training

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan lembaga AT West Outbound Training dalam assessment kebutuhan, pelaksanaan bentuk dan jenis, serta evaluasi pembelajaran training. Subjek penelitian adalah pimpinan lembaga, 4 fasilitator dan 4 peserta pelatihan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan assessment kebutuhan pembelajaran training yang dilakukan oleh lembaga AT West telah memenuhi komponen sistem perencanaan dengan menggunakan metode identifikasi wawancara tehadap key person, pelaksanaan training menggunakan teknik-teknik pada metode pelatihan off the job training, serta evaluasi  dilakukan dengan cara informal yakni menggunakan teknik observasi dengan skala psikologi. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran training yang dilaksanakan oleh Lembaga AT West telah memenuhi seluruh aspek tahapan pembelajaran sebuah training.

The Purposes of the study is to analyze all activities in the AT West Outbound Training form of needs assessment, implementation forms and types, as well as the evaluation  learning of training. The Subjects in this study is institutional leaders, four facilitators, and four trainees. Data collection methods were using were interview, observation and documentation. Validity of the data was using triangulation method. Techniques of data analysis through data reduction phase, data presentation, and conclusion. The results showed that the overall of training needs assessment study implemented by the AT West Outbound Training institution has complied with the planning system component identification using interviews of key persons, the implementation methods of training using various techniques off-the-job training, and evaluation is done used by informal observation techniques with psychological scale. Conclusion of this study is learn of training implemented by the AT West Outbound Training institution has complied with all aspects of the learning

References

Ancok, Djamaluddin. 2006. Outbound Management Training. Yogyakarta: UII Press.

Cendika, Rahmi Ritonga. 2011. Pengaruh Pelaksanaan Outbound terhadap Tim Kerja Karyawan pada Bank Tabungan Negara ( Persero ), Tbk Medan. Skripsi pada Program Studi Strata-I Management Departemen Management Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara Medan

Fremaan, Mark. 2010. From ‘characterâ€training’ to ‘personal growth’: the early history of Outward bound 1941–1965.History of Education: Journal of the History of Education Society 40:1, 21-43. University of Glasgow, School of Social and Political Sciences.

http://dx.doi.org/10.1080/0046760X.2010.507223

Marzuki, Saleh. 2012. Pendidikan Nonformal: Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo, Sukidjo. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gunung Agung.

Rifa’i, Achmad. 2003. Desain Sistematik Pembelajaran Orang Dewasa. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Suprijanto. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanta, Agustinus. 2010. Outbound Profesional: Pengertian, Prinsip, Perencanaan dan Panduan Pelaksanaan. Yogyakarta: Andi Offset.

Published
2014-04-10
How to Cite
Martharini, T., Yusuf, A., & Mulyono, S. (2014). ANALISIS PEMBELAJARAN TRAINING PADA LEMBAGA AT WEST OUTBOUND TRAINING SEMARANG. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v3i1.4084
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)