Optimalisasi Sekolah Permainan Tradisional Sebagai Wahana Pendidikan Karakter

Main Article Content

Ika Widyastuti
Agdya Mayang Savitri
Diar Ayu Prastianing Tyas
Sinta Nistiani
Zuliyanti Zuliyanti

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memaparkan proses dan hasil penerapan sekolah permainan tradisional di Dusun Kalinongko Desa Karanglangu Kabupaten Grobogan secara daring. Sasaran kegiatan ini adalah remaja karang taruna dan anak-anak di dusun tersebut. Kegiatan dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan fasilitas grup Whatsapp, Zoom Meeting, dan google meet. Metode pelaksanaan ini meliputi tahap: (1) prakegiatan, (2) pelaksanaan kegiatan (meliputi persiapan, pemberian motivasi, pelaksanaan), dan (3) evaluasi kegiatan. Hasil yang dicapai adalah pada tahap prakegiatan dilakukan observasi dan wawancara melalui grup whatsapp atau pesan pribadi dengan hasil remaja dan anak-anak jarang sekali bermain dan bahkan sebagian besar belum mengenal permainan tradisional. Tahap pelaksanaan digunakan metode daring yaitu grup whatsapp, zoom meeting, dan google meet. Metode daring terdiri atas empat tahap, yaitu persiapan, pemberian motivasi, pelaksanaan, dan evaluasi pelaksanaan. Tahap persiapan dilakukan koordinasi antara tim dengan peserta serta pembentukan grup whatsapp. Pemberian motivasi dilakukan tiap kali kegiatan akan dimulai agar peserta lebih semangat, termotivasi, dan akrab dengan tim. Kegiatan dilaksanakan dalam kegiatan I, II, dan III dengan aplikasi google meet. Kegiatan I disampaikan materi filosofi dan manfaat permainan tradisional. Kegiatan II disampaikan materi filosofi, manfaat, dan proses dalam bentuk video permainan tradisional yang dapat dilakukan oleh anak di rumah. Hasil kegiatan ini adalah anak dapat memahami filosofi permainan tradisional dan bisa menerapkan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, anak-anak tertarik untuk memainkan permainan tradisional di rumah. Kendala pada kegiatan I dan II yaitu koneksi yang kurang baik sehingga peserta keluar masuk forum daring. Ketercapaian luaran kegiatan ini yaitu laporan kemajuan (100%), video pelaksanaan program (85%), buku pedoman pelaksanaan (85%), dan laporan akhir (85%).

Article Details

How to Cite
Widyastuti, Ika, Agdya Savitri, Diar Prastianing Tyas, Sinta Nistiani, and Zuliyanti Zuliyanti. 2020. “Optimalisasi Sekolah Permainan Tradisional Sebagai Wahana Pendidikan Karakter”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 2 (2), 42-47. https://doi.org/10.15294/panjar.v2i2.41309.
Section
Articles