OPTIMALISASI MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI YANG BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA PENGUATAN KARAKTER DAN BUDAYA LITERASI BAGI SISWA SMP

Main Article Content

Zuliyanti Zuliyanti
Mukh Doyin
Mulyono Mulyono

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran literasi masih terbatas. Metode kegiatan ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan kuesioner. Sasaran dari kegiatan ini adalah kemampuan guru Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Kudus dalam mengembangkan media pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap pendahuluan, inti, dan akhir. Secara rinci, tahapan kegiatan evaluasi meliputi:  evaluasi hasil pelatihan (output), evaluasi program pelatihan, dan (3) evaluasi dampak (outcome) melalui penilaian praktik pengembangan media pembelajaran literasi bermuatan pendidikan karakter yang dilakukan guru sebagai refleksi hasil pelatihan. Proses pelatihan dilakukan dengan memberikan pemahaman tentang konsep, ragam, cara menentukan, dan pemanfaatan media pembelajaran literasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil kegiatan menunjukkan keberhasilan yang dapat diketahui dari meningkatnya pemahaman guru terhadap pemanfaatan media pembelajaran literasi yang diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk menguatkan budaya literasi dan nilai-nilai karakter

Article Details

How to Cite
Zuliyanti, Zuliyanti, Mukh Doyin, and Mulyono Mulyono. 2019. “OPTIMALISASI MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI YANG BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA PENGUATAN KARAKTER DAN BUDAYA LITERASI BAGI SISWA SMP”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 1 (1), 42-49. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i1.28680.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)