PENGARUH MEDIA VLOG (VIDEO BLOGGING) MITIGASI BENCANA COVID 19 TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SMP N 02 RANDUDONGKAL PEMALANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Media vlog (video blogging) menjadi salah satu inovasi media pembelajaran berbasis audio visual untuk siswa SMP kelas VII pada masa pandemi. Materi yang dapat disampaikan pada siswa menggunakan vlog mitigasi bencana covid 19 adalah mata pelajaran IPS dalam bab Interaksi Sosial yang dikaitkan dengan mitigasi bencana covid 19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen Quasi experimental design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design, metode tersebut dapat diketahui hubungan kemungkinan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada kelompok eksperimen kemudian membandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan menggunakan pretest dan posttest untuk mencari pengaruh media vlog tersebut terhadap hasil belajar IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan, dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan SPSS pada taraf signifikan 5% menunjukkan adanya perbedaan antara variabel awal dan variabel akhir terdapat pengaruh terhadap perlakuan yang diberikan. Rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 68 sedangkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 84, sehingga terdapat peningkatan hasil belajar.
Media vlog (video blogging) is one of the innovations of audio visual based learning media for seventh grade junior high school students during the pandemic. The material that can be conveyed to students using the covid 19 disaster mitigation vlog is the social studies subject in the social interaction chapter related to the covid 19 disaster mitigations. The type of research used is a Quasi experimental design research in the form of Nonequivalent Control Group Design, the method can be seen te relationship possible cause and effect by giving treatment to the experimental group and then comparing it with the control group that was not treated using a pretest and posttest to find out the effect of the vlog media on social studies learning outcomes. The result showed that there was a significant increase in learning outcomes, seen from the result of hypothesis testing using SPSS at a significant level of 5% indicating that there was a difference between the initial variable and the final variable that had an influence on the treatment given. The average posttest score for the control class was 68 while the average posttest score for the experimental class was 84, so there was an increase in learning outcomes.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
All writings published in this journal are personal views of the authors and do not represent the views of this journal and the author's affiliated institutions. Author(s) retain copyrights under the license of Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).
References
Mariani. 2015. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi pembagian bilangan Cacah Dengan Menggunakan Media Visual di Kelas I SD Negeri 2 Kota Banda Aceh. Jurnal Peluang. Vol 3 No 2. Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.
Miles and fairuz. 2013. The Education for All and inclusive education debate : conflict contradiction or opportunity?. International journal of Inclusive Education 14(1):1-15.
Mulyasa. 2004. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: rosda Cetakan Kesembilan.
Rifa’I, Achmad dan Tri Anni, Chatarina. 2016. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat PengembanganMKU/MKDK-LP3 Universitas Negeri Semarang.
Undamg-Undang nomo 24 tahun 2007 ayat 1 pasal 10 dan pasal 11 tentang penanggulangan bencana.