PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI MTS MIFTAHUSSALAM 1 WONOSALAM DEMAK
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Teachers must be able to develop students' social attitudes with their roles so that students can apply social attitudes in everyday life. The purpose of this study was to determine the teacher's role, learning activities, and student responses regarding the development of social attitudes. The research design uses a descriptive qualitative approach. This study uses primary and secondary data sources. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. The data validation technique uses source, data, and time triangulation. Data analysis techniques using data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study show that the teacher carries out his role as a learning resource, facilitator, manager, demonstrator, guide, motivator, and evaluator. Activities in developing social attitudes through social studies learning are planning, application, and evaluation. Student responses related to the development of social attitudes are by accepting, implementing, appreciating, living, and practicing.
Guru diharapkan dapat mengembangkan sikap sosial siswa dengan peran yang dimiliki agar siswa dapat mengaplikasikan sikap sosial dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran guru, aktivitas pembelajaran, dan respon siswa terkait pengembangan sikap sosial. Desain penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, data, dan waktu. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil dari penelitian bahwa guru menjalankan perannya sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, motivator, dan evaluator. Aktitivas dalam pengembangan sikap sosial terdiri dari perencanaan, pengaplikasian, dan evaluasi. Respon siswa terkait pengembangan sikap sosial yaitu dengan menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
All writings published in this journal are personal views of the authors and do not represent the views of this journal and the author's affiliated institutions. Author(s) retain copyrights under the license of Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).
References
Cengkareng hingga Tewaskan Pelajar.
Detiknews.
https://news.detik.com/berita/d-
5887545/barbar-tawuran-dicengkareng-
hingga-tewaskan-pelajar.
Fanani, A. 2022. Siswa SMP di Banyuwangi Di-
bully Hingga Tulang Pahanya Harus
Dipotong 4 Cm. Detiknews.
https://news.detik.com/berita-
jawatimur/d-5893944/siswa-smp-di-
banyuwangi-di-bully-hingga-tulang-
pahanyaharus-dipotong-4-cm
Ginanjar, A. 2016. Penguatan Peran IPS dalam
Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta
Didik. Jurnal Harmony. 1(1), 118–126.
Ilahi, M. T. 2016. Revitalisasi Pendidikan
Berbasis Moral (3rd ed.). Yogyakarta. Ar-
Ruzz Media.
KPAI, T. 2020. Sejumlah Kasus Bullying Sudah
Warnai Catatan Masalah Anak di Awal
2020, Begini Kata Komisioner KPAI.
Tribunnews.Com.
https://www.kpai.go.id/publikasi/seju
mlah-kasus-bullying-sudah-
warnaicatatan-masalah-anak-di-awal-
2020-begini-kata-komisioner-kpai.
Muslim. 2020. Peran Pendidkan IPS dalam
Pembentukan Perilaku Sosial dan
Tanggung Jawab Sosial Era Abad 21.
Journal of Social Studies. 1(1), 73–84.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan
Kebudayaan Republik Indonesia Nomor
23 Tahun 2016 Tentang Standar
Penilaian Pendidikan.
Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran.
Jakarta: Kencana.
Surahman, E., & Mukminan, M. 2017. Peran
Guru IPS sebagai Pendidik dan Pengajar
dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan
Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP.
Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS.
Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan dengan
Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Yekti Utami, Arif Purnomo, R. S. (2019).
Penanaman Sikap Sosial Melalui
Pembelajaran IPS pada Siswa SMP
Islam Sudirman Ambarawa Kabupaten
Semarang. Sosiolium. 1(1), 42–43.