PEMANFAATAN SITUS PETUNGKRIYONO PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENAMBAH LITERASI SEJARAH LOKAL DI SMP NEGERI 1 PETUNGKRIYONO KABUPATEN PEKALONGAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Lia Wijayanti
Aisyah Nur Sayidatun Nisa

Abstract

The results of the PISA study in 2018 showed that the reading ability of the Indonesian people
ranks 74th out of 70 countries in the world, the government launched the National Literacy
Movement program as an effort to foster a reading culture in the education sector, the existence of
the gedong site and the nagapertala site in Petungkriyono, Pekalongan Regency are used as IPS
learning resources. This research aims to 1). Knowing how to use the Petungkriyono historical site
strategy in social studies learning to increase local history literacy, 2). Obstacles encountered in
utilizing the Petungkriyono historical heritage site in social studies learning to increase local
history literacy at SMP Negeri 1 Petungkriyono.


Hasil studi PISA pada tahun 2018 menunjukkan bahwa kemampuan membaca masyarakat Indonesia menempati urutan 74 dari 70 negara di dunia, pemerintah mencanangkan program Gerakan Literasi Nasional sebagai. Upaya menumbuhkan budaya membaca pada bidang pendidikan, keberadaan situs gedong dan situs nagapertala yang ada di Petungkriyono Kabupaten Pekalongan dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk1). Mengetahui bagaimana strategi pemanfaatan situs Sejarah Petungkriyono pada pembelajaran IPS untuk menambah literasi Sejarah lokal, 2). Kendala-kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan situs peninggalan sejarah Petungkriyono pada pembelajaran IPS untuk menambah literasi Sejarah lokal di SMP Negeri 1 Petungkriyono.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Wijayanti, L., & Nisa, A. (2023). PEMANFAATAN SITUS PETUNGKRIYONO PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENAMBAH LITERASI SEJARAH LOKAL DI SMP NEGERI 1 PETUNGKRIYONO KABUPATEN PEKALONGAN. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 5(2), 135-144. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v5i2.69166

References

Abidin, Y., Mulyani, T., & Yunansah, H. (2017).
Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan
Kemampuan Literasi Matematika, Sains,
Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta:
PT Bumi Aksara.
Indarto, N. (2017). Analisis Gerakan Literasi Sekolah
(GLS)untuk meningkatkan Kemampuan
Membaca Peserta Didik Kelas IV SDN
Tlogomas I Malang. Universitas
Muhammadiyah Malang
Rifai, A. (2019). Generasi Emas. Jakarta: Elex Media.
Sanjaya. (2010). Strategi
PembelajaranBerorientasiStandar Proses
Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Zakiyha, Q. Y. & Rusdiana, A. (2014). Pendidikan
Nilai (Kajian Teori dan Praktik di Sekolah).
Bandung: Pustaka Setia