PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WINDOW SHOPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII SMP NEGERI 2 PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wiji Dila Lestari
Asep Ginanjar

Abstract

The problem that occurs in the learning process at Pringapus 2 Public Middle School is the lack of teacher innovation in applying learning models in the classroom resulting in low social studies learning outcomes for students. The application of the window shopping cooperative learning model is expected to be a solution to improve student learning outcomes. The purpose of this study was to determine the effect of applying the window shopping cooperative learning model to social studies learning outcomes of students. The method used in this study is a quantitative approach to the experimental type Quasi Experiment design. The population of this study, namely class VIII students at SMP Negeri 2 Pringapus, Semarang Regency, with a sampling technique using purposive sampling. Data collection techniques in this study used tests and documentation.


Permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran di SMP Negeri 2 Pringapus adalah kurangnya inovasi guru dalam penerapan model pembelajaran didalam kelas mengakibatkan hasil belajar IPS siswa menjadi rendah. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping diharapkan dapat menjadi sebuah solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe window shopping terhadap hasil belajar IPS siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis eksperimen Quasi Eksperiment design. Populasi penelitian ini, yaitu siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Pringapus Kabupaten Semarang dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Lestari, W., & Ginanjar, A. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WINDOW SHOPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII SMP NEGERI 2 PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 5(2), 145-151. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v5i2.69853

References

Alphaeuclidedu, J., & Nengsih, S. R. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPING. 3(1), 1–9.
Apriana, B.N. (2020). Model Cooperative Learning Tipe Window Shopping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IX-B SMP Negeri 1 Wanasaba. Jurnal Ilmiah. Universitas Negeri Yogyakarta
Di, S., & Wonogiri, K. (2010). commit to users.
Djamarah, S. F., dan Zain, Aswan. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Dyan, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Windows Shopping Berbantuan Geoenzo Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Fajrin, F., & Salam, R. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PLUS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 SEMARANG.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: PUSTAKA BELAJAR
Islam, U., Mataram, N., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (n.d.). PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN KRITIS KREATIF DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM Fahrudin 1 , Ansari 2 , Ahmad Shofiyuddin Ichsan 3. 64–80.
Juliarini, A. (2020). Diskusi Buzz Group Dan Window Shopping Dalam Persepsi Peserta Pembelajaran, Mana Yang Lebih Menarik? Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 133–139. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria
Kurdi, M. (2017). Window Shopping : Model Pembelajaran yang Unik dan Menarik. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 4(3), 27–34.
Kusaeri dan Supranto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: GRAHA ILMU
Model, P., Aktif, P., Guru, S., Ilmu, J., Sosial, P., & Vol, H. (2017). Ibrahim – Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional …. 3(2), 199– 212.
Muhammad Nur. (2021). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. jurnal Al-Ulum, 12(90500120088), 77–96.
Murtafiatin, R. (2018). Universitas negeri semarang 2018 (Vol. 4, Nomor 024). Negeri, S. M. P., & Jawa, T. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF WINDOW SHOPPING TERHADAP PARTISIPASI BIMBINGAN KONSELING KLASIKAL. 2(2), 1–8.
Prasetyo, A. D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Combination Windows Shopping (JCWS) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Jurnal Simki Pedagogia, 3(6), 21–32.
Purnani, S. N., & Mulianingsih, F. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJAARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMP NEGERI 2 JATINOM KABUPATEN KLATEN.

Rasidi, M. A., & Nuruddin. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Windows Shopping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PGMI UIN Mataram. Jurnal Elementary, 2(2), 31–33.
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA
Sanjaya, W. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP
Siregar, Sofyan. 2014. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT NUMI AKSARA
Sosial, J. I. (2022). K a s t a. 1(1), 53–64.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: ALFABETA
Sugiyono. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA
Suhada, Idad. 2017. Konsep Dasar IPS. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Sukardi. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara Sulistyaratih, N. I. (2003). Penerapan Problem Based Learning dan Window Shopping untuk Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. 77–88.
Suyono & Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tengah, J., Info, A., & Tengah, J. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Window Shopping Tsts ( Two Stay Two Stray ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menggali Isi Teks Penjelasan ( Eksplanasi ) Ilmiah Yang Didengar Dan Dibaca Bagi Siswa Kelas Vi Semester I Sdn 2 Mojoreno Kecamatan. 2 (April), 499–516.
Tukidi, dkk. 2011. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Negeri Semarang
Viii, K., & Negeri, S. M. P. (n.d.). No Title. 1(1), 28–39.
Yetti, R. (2018). Implementasi Model Window Shopping dalam Pembelajaran Membandingkan Teks Ulasan Film pada Siswa Kelas XI TKR SMK Negeri 5 Pekanbaru Semester 2 Tahun Pelajaran 2017-2018. Journal on Education, 1(1), 75–82.