UPAYA GURU MENGATASI LEARNING LOSS MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGER 24 SEMARANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Learning loss is a problem that occurs in learning where the learning achievements and competencies of students are not in accordance with the policies set by the curriculum. When learning loss occurs, students lose knowledge and skills on a small or large scale, both in general and specifically. The Covid-19 pandemic has caused social studies learning at SMP Negeri 24 Semarang to be carried out online from March 2020 to January 2022, resulting in learning loss. The existence of learning loss problems makes social studies teachers try to solve these problems. This study uses a qualitative method with a grounded theory approach. Data collection is done by interview, observation, and documentation. The results of the study show that social studies teachers have made efforts to overcome learning loss. The teacher's efforts include online efforts with prevention efforts, curative efforts, and adaptation efforts supported by government policies. After online learning, social studies teachers also make various efforts including managing face-to-face social studies learning, using various learning strategies, and evaluating learning.
Learning loss merupakan problematika yang terjadi dalam pembelajaran dimana capaian pembelajaran dan kompetensi peserta didik tidak sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan oleh kurikulum. Saat terjadi learning loss peserta didik kehilangan pengetahuan dan ketrampilan dalam skala kecil maupun besar, baik secara umum maupun khusus. Pandemi covid-19 menyebabkan pembelajaran IPS di SMP Negeri 24 Semarang dilaksanakan secara daring mulai maret 2020 sampai januari 2022 sehingga mengakibatkan learning loss. Adanya permasalahan learning loss membuat guru IPS berusaha menyelesaikan problematika tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada upaya yang dilakukan oleh guru IPS untuk mengatasi learning loss. Upaya guru tersebut meliputi upaya pada saat daring dengan upaya pencegahan, upaya kuratif, serta upaya adaptasi yang didukung oleh kebijakan pemerintah. Pasca pembelajaran daring guru IPS juga melakukan berbagai upaya diantaranya pengelolaan pembelajaran IPS secara tatap muka, penggunaan berbagai strategi pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
All writings published in this journal are personal views of the authors and do not represent the views of this journal and the author's affiliated institutions. Author(s) retain copyrights under the license of Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).
References
Adisel, A., Saputri, I. E., Ulfah, A., Sudomo, A. H., Alamsah, S., & Ulandari, U. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Ceramah terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 134–139. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3409
Andrasto, K. (2021). Optimalisasi Peran Wali Kelas untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Siswa Masa Pandemi Covid-19. Journal of Classroom Action Research, 3(2), 79–86. https://doi.org/10.29303/jcar.v3i2.896
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Atikah, R., Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. PETIK, 7(1), 7–18.
Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Analasis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–889.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. In Lantanida Journal (Vol. 5, Issue 2).
Febriana, R. (2021). Evaluasi Pembelajaran (B. S. Fatmawati, Ed.; Vol. 194). PT Bumi Aksara.
Firman, F. (2021). Efektivitas Pembelajaran Remedial Secara Daring pada Masa Belajar dari Rumah di SMA Negeri 1 Majene. Saintifik, 7(2), 112–117. https://doi.org/10.31605/saintifik.v7i2.332
Fitri Ananda, A., Mardiyyaningsih, A. N., & Tenriawaru, A. B. (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Keterlibatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.12928/jimp.v1i2.5970
Haryadi, D., & Mahmudah, F. (2021). Implementasi Kurikulum Darurat Covid-19. Journal Evaluasi, 5(2), 94. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i2.595
Hidayatulloh, S., Praherdhiono, H., & Wedi, A. (2020). Pengaruh Game Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 199–206. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p199
Kamal, H. (2018). Kedudukan dan Peran Guru dalam Perspektif Pendidikan Islam. Rausyan Fikr, 14(1), 19–28.
Komang Wahyu Wiguna, I., Adi Nugraha Tristaningrat, M., & Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, S. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17–26. https://doi.org/https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296
Kusuma Ardiani, F. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Daring Utilization of The Whatsapp Aplication as an Online Learning Media. 3(2), 2723–8199. https://doi.org/10.21831/ep.v3i2.50555
Kusuma, M. A., Dwi Kusumajanto, D., Handayani, R., & Febrianto, I. (2022). Alternatif Pembelajaran Aktif di Era Pandemi melalui Metode Pembelajaran Game Based Learning Article Info Abstrak. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(1), 28–37. https://doi.org/10.17977/um039v7i12022p028
Lutfiah, A. F. (2021). Upaya Guru Bahasa Arab dalam Meningkatkan Ketrampilan Berbahasa Arab Siswa Melalui Pembelajaran Daring di MI Nurul Islam Sumbergempol Tulungagung [Skripsi]. UIN SATU Tulungagung.
Muhyi, A. (2020). Metode Tutor Sebaya: Alternatif Peningkatan Kinerja Guru dalam Merancang dan Menggunakan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 4(1), 110–115. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i
Nuraini, E. (2021). Analisis Kompetensi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di SMP Negeri 1 Kalasan Analysis Of Teacher Competence in Implementing Online Learning in SMP Negeri 1 Kalasan.
Nurhafni. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Melalui In House Training (IHT) Dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada Masa New Normal di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Menara Ilmu, 15(02), 45–53.
Purfitasari, S., Masrukhi, Prihatin, T., & Edy Mulyono, S. (2019). Digital Pedagogy Sebagai Pendekatan Pembelajaran di Era Industri. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 806–811. http://gtk.kemdibud.go.id
Simatupang, N. I., Sitohang, R. I., Situmorang, A. P., & Simatupang, M. (2020). Dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 197–203. https://doi.org/10.33541/jdp.v13i2.1754
Suciati, P., & Syafiq, A. (2021). School from home (SFH): Perjuangan para orang tua siswa usia dini di masa pandemi COVID-19. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(2), 7–16.
Syarofudin, A., & Zulya, A. A. (2021). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 6, 234–237. https://doi.org/10.23887
Tampubolon, S. E., Muhaimin, & Ali, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Remedial Secara Daring Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Sdk Bina Kasih Jambi. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 5(2), 40–56.
Widyasari, A., Reza Widiastono, M., Sandika, D., & Tanjung, Y. (2022). Fenomena Learning Loss sebagai Dampak Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Best Journal (Biology Education, Science, & Technology), 5(1), 297–302.
Kemendikbudristek, I. dan P. (2021). Pemulihan Pembelajaran : Waktunya untuk Bertindak. 1–7.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Tim Direktorat Pembinaan SMP. (2017). Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (Cetakan Keempat). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.