PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IX

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Afidatul Azizah
Rudi Salam

Abstract

Learning must be able to provide provisions for students to think critically, logically, analytically, systematically and creatively. To provide provisions for students, social studies learning is needed that is innovative, interesting and fun for students so that social studies subjects are not considered as bad subjects. rote and boring which will impact students' interest and learning outcomes in social science subjects. Learning outcomes are changes in behavior that occur after following the teaching and learning process in accordance with educational objectives. Based on observations, social studies learning at SMP Ma'arif NU 03 Jatinegara Tegal Regency still uses the lecture and question and answer method, occasionally using PowerPoint. Even though there is a variety of students, there are still many who are passive and bored in monotonous learning so that learning outcomes in social studies learning are still relatively low. Based on the results of research and data analysis, there is an influence of the application of the role playing method on the learning outcomes of class IX students in social studies subjects on natural conditions of countries in the world.


Pembelajaran harus mampu memberikan bekal kepada peserta didik untuk berfikir kritis, logis, analisis, sistematis, dan kreatif, untuk memberikan bekal kepada peserta didik maka diperlukan pembelajaran IPS yang inovatif, menarik dan menyenangkan bagi peserta didik agar mata pelajaran IPS tidak dianggap sebagai mata pelajaran yang hafalan dan membosankan yang akan berimbas pada minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang terjadi setelah mengikuti proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan. Berdasarkan hasil observasi bahwa pembelajaran IPS di SMP Ma’arif NU 03 Jatinegara Kabupaten Tegal masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sesekali menggunakan powerpoint. Meskipun bervariasi peserta didik masih banyak yang pasif dan bosan dalam pembelajaran yang monoton sehingga hasil belajar dalam pembelajaran IPS masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data terdapat pengaruh penerapan metode role playing terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX pada mata pelajaran IPS materi kondisi alam negara-negara di dunia.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Azizah, A., & Salam, R. (2023). PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IX. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 5(2), 113-124. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v5i2.76304

References

Asdarina, I. H. (2021). Peningkatan Keterampilan Pidato dengan Menggunakan Metode Role Playing pada Kelas X IPS B MA MII Al-Hikmah Cidangiang. Jurnal Pendidikan Mutiara, 6(1), 5–10.
Azizi, A., & Irwansah. (2020). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Kognitif di Tinjau dari Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Biologi, 8(2), 230–232.
Cahyo, A. N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler (Cetakan 1).
Daryanto. (2013). Strategi dan Tahapan Mengajar: Bekal Keterampilan Dasar Bagi Guru (Cetak 1). 2013.
Dina, P. A. E. (2019). Implementasi Metode Belajar Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII C Mata Pelajaran IPS MTs N Batu. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 87–101.
Fahreza, F., & Rahmi, R. (2018). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Role Playing pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri Pasi Pinang Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1).
Hariani, N. M. M. (2019). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup. Urnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 11–22.
Hasrian Rudi Setiawan, A. B. (2023). Monograf: Metode Role play (Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik). In Monograf: Metode Role play (Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik) (pp. 35–36).
Kristin, F. (2018). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).
Kurniawan, D. (2019). Pembelajaran Terpadu Tematik.
Lestari, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMAN 2 Pinrang.
Mardiana, M., Ganda, N., & Karlimah, K. (2021). Pengaruh Metode Role Playing dalam Pembelajaran IPS tentang Kegiatan Jual Beli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasartle. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 72–76.
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Islamic Ed Ucation Journal, 2(1), 49–57.
Nurlina, Nurfadilah, A. B. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran.
Paudi, Z. I. (2019). Penerapan Metode Role Playing pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 111–112.
Raharjo. (2021). Cara Uji Paired Sample T-Test dan Interpretasi dengan SPSS.
Rahman, N. (2012). Psikolog Pendidikan.
Ridwan. (2006). Metode dan Teknik Menyusun Tesis.
Rofiq, A., & Mashuri, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bustanul Makmur Genteng. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1).
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan.
Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar (Cetakan 1).
Silalahi, W. (2018). Upaya Meningkatkan motivasi belajar Ssiswa dengan Menggunakan Metode Role Play pada Pelajaran IPS Kelas IV SD Swasta Xaverius Padang Sidimpuan. Jurnal PGSD FIP Unimed, 8, 173–181.
Sudjiono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D-MPKK (Ed. 1, Cet). Bandung : Alfabeta., 2019.
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan.
Supardi, Mohammad Rizky Satria, Sari Oktafiana, M. N. (2017). Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP Kelas VIII.
Syah, M. (2009). Psikolog Pendidikan dengan Pendekatan Baru.
Tanzeh, A. (2009). Pengantar Metode Penelitian.
Tarmujianto. (2020). Penggunaan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Etika Publik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(2), 116–123.
Y, S. (2020). Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS.
Yusnarti, M., & Sustyaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan, 2(3), 253–261.
Zuldafrial, M. (2012). Penelitian Kualitatif.