KEEFEKTIFAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES PADA KEMAMPUAN PENALARAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dahniar Eka Yulianti
Wuryanto Wuryanto
Darmo Darmo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Model-Eliciting Activities pada kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa. Populasi dalam penelitian  ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode tes dan  non-tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji proporsi, uji kesamaan dua proporsi, dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase banyaknya siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) terhadap kemampuan penalaran matematis dengan pembelajaran Model-Eliciting Activities mencapai ketuntasan klasikal minimal 80%; (2) ketuntasan klasikal siswa terhadap kemampuan penalaran matematis dengan pembelajaran Model-Eliciting Activities lebih baik daripada ketuntasan klasikal siswa dengan pembelajaran ekspositori; (3) kemampuan penalaran matematis siswa  dengan pembelajaran Model-Eliciting Activities lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis siswa dengan pembelajaran ekspositori dan (4) tingkat disposisi matematis siswa dengan pembelajaran Model-Eliciting Activities lebih baik daripada tingkat disposisi matematis siswa dengan pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Model-Eliciting Activities efektif pada kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa kelas VIII dalam materi lingkaran.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Dahniar Eka Yulianti, Semarang State University

Mathematics departement

Wuryanto Wuryanto, Semarang State University

Mathematics departement

Darmo Darmo, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Yulianti, D., Wuryanto, W., & Darmo, D. (2013). KEEFEKTIFAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES PADA KEMAMPUAN PENALARAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3315

References

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP

Cockcroft, W. H. 1986. Mathematics Count. London: HMSO. Diunduh di http://www.educationengland.org.uk/documents/cockcroft/cockcroft00.html tanggal 22 Desember 2012

Chamberlin, S.A & Moon, S. M. 2008. How Does the Problem Based Learning Approach Compare to The Model-Eliciting Acvtivity in Mathematics?. Diunduh di http://cimt.plymouth.ac.uk tanggal 16 April 2012

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. 2001. Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. United States: The National Academies Press

Mulyana, E. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Knisley terhadap Peningkatan Pemahaman dan Disposisi Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas Program Ilmu Pengetahuan Alam. Diunduh di http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/195401211979031-ENDANG_MULYANA/MAKALAH/Artikel_Jurnal_PASCA_UPI.pdf tanggal 30 Maret 2012

NCTM. 1989. Curriculum and Evaluation. Diunduh di http://www.fayar.net/east/teacher.web/math/Standards/previous/CurrEvStds/evals10.htm, tanggal 25 Desember 2012

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, Virginia: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc

Puspendik Kemdiknas. 2011. Laporan Hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2010/2011. Jakarta: Puspendik