KEEFEKTIFAN MODEL STUDENT TEAMS-ACVIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN CD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yosela Septi Maharani
Supriyono Supriyono
Wuryanto Wuryanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik dengan model STAD berbasis pendidikan karakter berbantuan CD pembelajaran mencapai ketuntasan belajar dan apakah hasil belajar peserta didik dengan model STAD berbasis pendidikan karakter berbantuan CD pembelajaran lebih baik dari hasil belajar siswa dengan model CTL pada materi pokok prisma dan limas. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lasem. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa hasil belajar peserta didik yang dikenai model STAD berbasis pendidikan karakter berbantuan CD pembelajaran mencapai ketuntasan belajar. Selain itu, terdapat perbedaaan yang signifikan antara hasil belajar kedua kelas. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model STAD berbasis pendidikan karakter berbantuan CD pembelajaran efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi luas dan volume limas dan prisma peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lasem.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Yosela Septi Maharani, Semarang State University

Mathematics departement

Supriyono Supriyono, Semarang State University

Mathematics departement

Wuryanto Wuryanto, Semarang State University

Mathematics departemen
How to Cite
Maharani, Y., Supriyono, S., & Wuryanto, W. (2013). KEEFEKTIFAN MODEL STUDENT TEAMS-ACVIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN CD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i3.3359

References

Azwar, S. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bell, Frederick H. 1981. Teaching and Learning Mathematics (in Secondary Schools). Dubuque: Wm C Brown Company Publisher.

Dahar, Ratna Wilis. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Irhamna, M. 2009. Cooperative Learning dengan Model STAD pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 2 Delitua. Jurnal Penelitian Kependidikan, Tahun 19, Nomor 2, Oktober 2009.

Samuelsson, J. 2008. The Impact of Teaching Approach on Student`s Mathematical Proficiency in Sweden. International Electronic Journal of Mathematical Education, Vol 5, No. 2, hal 61-78

Suherman, E., & Turmudi, & Didi S, & Tatang H, & Suhendra, & Sufyani P. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.
Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Widyantini. 2008. Penerapan Pendekatan Kooperatif STAD dalam Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Depdiknas.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2