PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS PROYEK MODEL BANGUN RUANG SECARA MODULAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERUANGAN SISWA SMK PENERBANGAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Arnalis Yahya
Suhito Suhito
Ary Woro Kurniasih

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pembelajaran kooperatif berbasis proyek model bangun ruang secara modular yang dapat meningkatkan kemampuan keruangan siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa SMK Penerbangan Bina Dhirgantara kelas XI jurusan penerbangan tahun pelajaran 2012/2013. Materi pokok pembelajaran pada penelitian ini adalah ruang dimensi tiga. Kemampuan keruangan pada penelitian disini meliputi persepsi keruangan, visualisasi keruangan, rotasi mental, hubungan keruangan, orientasi keruangan. Penelitian ini terdiri dari tahap uji coba dan tahap implementasi. Kelas uji coba merupakan kelas untuk melakukan uji coba model pembelajaran sampai hasil belajar siswa mencapai ketuntasan. Kelas Implementasi diberikan perlakuan model pembelajaran yang sudah diuji cobakan pada kelas uji coba hingga efektif. Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran yang diterapkan dapat mengahasilkan ketuntasan belajar setelah 3 kali uji coba. Pada tahap implementasi model pembelajaran yang diterapkan dapat meningkatkan kemampuan keruangan siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif berbasis proyek model bangun ruang modular dapat meningkatkan kemampuan keruangan dengan memberikan penguatan pada kegiatan guru member motivasi siswa, kegiatan guru melatih kemampuan keruangan dan model bangun ruang modular yang bersifat umum.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Arnalis Yahya, Semarang State University

Mathematics Departement
How to Cite
Yahya, A., Suhito, S., & Kurniasih, A. (2014). PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS PROYEK MODEL BANGUN RUANG SECARA MODULAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERUANGAN SISWA SMK PENERBANGAN. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i2.4468

References

Ibrahim,Muslimin. Rachmadiarti,F.Nur,M.&Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif . Buku Ajar. Surabaya : UNESA-university press Maier,P.H.1998.Spatial geometry and spatial ability how to make solid geometry solid.In E.Cohors-Fresenborg,K.Reiss,G.Toener,&H.-G Weigand (Eds.), selected papers from the Annual Conference od Didactics of Mathematics 1996, Osnabeck, 63-75 Robert M,. Capraro & Scott W. Slough (eds). 2009. Project Based Learning An Integrated Science Technology Engineering and Mathematics Approach. Texas : Texas A & M University. Rochmad.2012.Pengembangan Model Pembelajaran Mengacu Pada Plomp. Materi Kuliah.Semarang : Pascasarjana UNNES Sorby, SA.2007.Developing 3D Spatal Skill For Enginering Student.Australian Journal of Enginering Education, 13(1):1-11. Yetkiner,Z.E.,Anderoglu,H.,&Capraro,R.M. 2007 . Project-Based Learning In Middle Grades Mathematics. Research Summary . Ohio : National Middle School Association.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>