KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS X SMK TEUKU UMAR SEMARANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol, untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen meningkat, untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol, dan untuk mengetahui bagaimana self-efficacy siswa pilihan kelas eksperimen dan siswa pilihan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X kelompok bisnis dan manajemen SMK Teuku Umar Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode tes, angket, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji-t, uji gain, dan analisis kualitatif deskriptif. Dari hasil uji-t diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih dari rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol, dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol. Dari hasil uji gain diperoleh kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran Osborn meningkat dengan indeks gain sebesar 0,400, termasuk dalam kategori sedang. Self-efficacy ketiga siswa pilihan pada kelas eksperimen yaitu E-1, E-2, dan E-3 dalam kategori tinggi, sedangkan self-efficacy ketiga siswa pilihan pada kelas kontrol yaitu K-1, K-2, dan K-3 dalam kategori sedang.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Chuang, C.F., S.C. Shiu, & C.J. Cheng. The Relation of College Students’ Process of Study and Creativity: The Mediating Effect of Creative Self-Efficacy. World Academy of Science. Online. Tersedia di http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.310.5320&rep=rep1&type=pdf [diakses 13-6-2015].
Haylock, D. 1997. Recognising Mathematical Crearivity in Schoolchildren. ZDM, Vol 29(3): 68-74. Online. Tersedia di http://www.emis.de/journals/ZDM/zdm973a2. pdf [diakses 20-2-2015].
Lane, J., & Lane, A. M. (2001). Self-Efficacy and Academic Performance. Social Behavior and Personality, 29, 687-694. Online. Tersedia: http://74.125.155.132/scholar?q=cache:16Ku-RsHZ4oJ: scholar. google. com/+Lane,+J.,+%26+Lane,+A.+M.+2001.+Self-Efficacy+and+Academic+Performance.+Social+Behavior+and+Personality,+29,+687694&hl=id&as_sdt=2000_ [diakses 13-6-2015].
Mazzoti,K., A. C Broega., & L. V. N. Gomes. 2012. The Creativity Exploration, Through The Use Of Brainstorming Technique, Adapted To The Process Of Creation In Fashion. Online. Tersedia di http://repositorium.sdum.uminho.pt/handle/1822/21798 [diakses 13-6-2015].
Munandar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.
Pehkonen, E. 1997. The State-of-Art in Mathematical Creativity. Zentralblatt für Didaktik der Mathematik (ZDM)–The International Journal on Mathematics Education. Online Tersedia:http://www.emis.de/journals/ZDM/zdm 973a1.pdf. [20-2-2015].
Schunk, D. H. (1991). Self-efficacy and academic motivation. Educational Psychologist, 26, 207-231. Online. Tersedia di http://libres.uncg.edu/ir/uncg/f/D_Schunk_Self_1991.pdf [diakses 15-6-2015].
Sugandi, M.M. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Osborn untuk Meningkatkan Literasi dan Disposisi Matematis Siswa SMP. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono.2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Suriyadi. 2013. Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Metode Diskusi Kelompok Kecil dalam Pembelajaran IPA. Artikel Penelitian PGSD. FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak. [diakses 4-3-2015].